Share

6 Cara Memohon Pertolongan kepada Allah Ta'ala, Pasti Dikabulkan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 330 2549296 6-cara-memohon-pertolongan-kepada-allah-ta-ala-pasti-dikabulkan-Gz5uEfmPlP.jpg Ilustrasi cara memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. (Foto: Shutterstock)

CARA memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala haruslah diketahui setiap Muslim. Hanya kepada Allah Ta'ala kaum Muslimin meminta, dan niscaya permohonan baik akan dikabulkan oleh-Nya.

Sedikitnya ada enam cara memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, yakni:

Baca juga: Mau Beli Donat, Pria Ini Takjub Lihat Bocah Penjualnya Sholat di Trotoar 

1. Selalu berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Memohon agar segala urusan dimudahkan.

2. Menolong orang lain. Dengan melakukan kebaikan ini, maka Allah Subhanahu wa ta'ala juga akan menolong serta memudahkan urusan setiap Muslim.

3. Mengerjakan sholat, sebab dalam Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala menyebutkan bahwa sholat adalah penolong bagi mukmin.

4. Selalu memiliki sifat sabar. Pasalnya, rasa sabar bisa menjadi penolong di kemudian hari kelak.

5. Infak dan sedekah menjadi cara memohon pertolongan Allah Subhanahu wa ta'ala.

6. Rajin istigfar atau zikir memohon ampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberi pertolongan.

Baca juga: Viral! Bengkel Ini Selalu Gelar Sholat Berjamaah dan Kajian Islam, Netizen: Mantap Insya Allah Berkah 

Dikutip dari ntb.kemenag.go.id, manusia adalah makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Dialah yang menghidupkan dan mematikan semua makhluk. Seluruh kekuatan, kesehatan, dan kecerdasan karunia Allah Ta'ala.

Tidak ada satu anggota tubuh manusia bisa digerakkan kecuali karena kekuatan serta pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Semua makhluk hina dan lemah di hadapan Allah Ta'ala. Oleh karena itu, sudah seharusnya senantiasa memohon dan berserah diri kepada Allah Azza wa Jalla.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Maka itu manusia diperintah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk memohon kepada-Nya. Pintu Allah Ta'ala akan selalu terbuka untuk permintaan yang besar sampai perkara yang kecil dan remeh sekalipun. Allah Ta'ala sangat menyukai hamba yang meminta sesuatu hanya kepada-Nya.

"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke neraka jahannam dalam keadaan hina dina," (QS Ghafir: 60)

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Berkah yang Miliki Pahala Sangat Besar, Sesuai Tuntunan Rasulullah 

Dalam sebuah hadis qudsi, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Wahai hamba-Ku, kalian semua kelaparan, kecuali orang yang aku berikan makan. Maka mintalah makan kepadaku, niscaya Aku akan berikan. Wahai hamba-Ku, kalian semua tidak berpakaian, kecuali yang Aku berikan pakaian, Maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan." (HR Muslim)

Perhatikan hadis qudsi tersebut. Hanya urusan makanan dan pakaian saja, Allah Subhanahu wa ta'ala perintahkan manusia untuk meminta kepada-Nya. Nabi Muhammad Shallallahu ’alaihi wassallam juga bersabda:

"Barangsiapa yang menginginkan sesuatu (kepada Allah), maka perbanyaklah angan-angan tersebut, karena ia sedang meminta kepada Allah Azza wa Jalla." (HR Ibnu Hibban, dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Al Jami)

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Simak Keutamaannya Dibaca Setiap Hari Jumat Berkah 

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, "Dahulu para salaf meminta kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dalam sholatnya, semua kebutuhannya sampai-sampai garam untuk adonannya dan tali kekang untuk kambingnya." (Jami’ Al Ulum wal Hikam, 1/225)

Wallahu a'lam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini