Share

Simak! Ini Persamaan dan Perbedaan Ceramah, Pidato, serta Khotbah

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 330 2550639 simak-ini-persamaan-dan-perbedaan-ceramah-pidato-serta-khotbah-S21FitNekS.jpg Ilustrasi persamaan dan perbedaan ceramah, pidato, serta khotbah. (Foto: Okezone)

MARI diketahui persamaan dan perbedaan ceramah, pidato, serta khotbah. Kerap kali ketika mendengar ceramah, pidato, atau bahkan khotbah; masih terasa bingung membedakan ketiganya.

Ketiganya merupakan bagian dari komunikasi massa. Biasanya pesan yang disampaikan berupa ajakan kepada masyarakat atau bahkan larangan terhadap hal-hal tertentu.

Baca juga: 5 Sunah ketika Buka Puasa Ramadhan, Miliki Pahala Sangat Besar 

Nah, ternyata ada enam hal yang dapat membedakan dari ketiganya. Masing-masing adalah topik pembicaraan, target audiens, bentuk komunikasi yang digunakan, tempat, waktu, dan interaksi pendengar.

1. Ceramah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah berarti pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa ceramah merupakan suatu kegiatan pemberian nasihat maupun petunjuk kepada seseorang. Ceramah biasanya masuk ke dalam topik pembicaraan berkonsep keagamaan.

Komunikasi yang terjadi dalam ceramah bersifat dua arah. Kadang jamaah menyampaikan pertanyaan kepada ustadz atau pemuka agama. Nantinya pertanyaan tersebut akan kembali dijawab dan seterusnya.

Pelaksanaan ceramah ini bisa terjadi kapan saja dan seringkali menyesuaikan dengan hari-hari tertentu atau peringatan hari penting yang ada di tengah masyarakat.

Baca juga: Menag Terbitkan SE Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola, Ini Isi Lengkapnya 

Jika ceramah dilakukan dengan menggunakan topik agama, maka biasanya akan terjadi ketika hari-hari keagamaan. Selain itu, ceramah secara umum biasanya dilakukan pada berbagai acara dengan pendengar dari masyarakat umum.

Tidak hanya di rumah ibadah, ceramah dapat juga dilakukan baik di sekolah, kampus, maupun tempat lain yang representatif.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Pidato

Pidato bermakna pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato satu arah saja, jadi artinya tidak ada interaksi antara pembicara dengan para pendengar dalam bentuk apa pun. Jika pada ceramah terjadi komunikasi dua arah antara komunikan dan komunikator, maka jika pidato lebih ke satu arah saja. Topiknya yang dibahas juga lebih luas dibanding ceramah.

Sasaran dari pidato juga biasanya lebih luas. Isi pidato yang disampaikan juga penting untuk mengandung kebenaran tanpa adanya penambahan hal yang tidak masuk di dalamnya. Penting untuk pembicara bisa menciptakan sebuah suasana pidato yang efektif dan menarik untuk diperhatikan bagi para pendengarnya.

Baca juga: Unik! Abu Nawas Beri Potongan Setengah Masa Hukuman Tahanan Seumur Hidup, Gimana Caranya? 

Baca juga: Mau Pesan Makanan di Hotel Arab, Pria Ini Bingung Menunya Tulisan Arab Gundul Semua 

3. Khotbah

Khotbah sebenarnya bisa dibilang gabungan seperti pidato dan ceramah. Jika ceramah bersifat dua arah, khotbah hanya satu arah. Pesan yang disampaikan ajakan menambah keimanan dan ketakwaan. Audiens biasanya dari kalangan sendiri bukan khalayak ramai.

Bagaimana Okezoners, itu tadi merupakan penjelasan mengenai cara mengenal perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah. Semoga mudah dipahami ya. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini