Share

Makna Surat Al Baqarah Ayat 183 tentang Puasa, Penting Dipahami Jelang Ramadhan 1443H

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 330 2551225 makna-surat-al-baqarah-ayat-183-tentang-puasa-penting-dipahami-jelang-ramadhan-1443h-L43uyDkmZ5.jpg Ilustrasi makna Surat Al Baqarah Ayat 183 tentang puasa Ramadhan. (Foto: Muslim.or.id)

SURAT Al Baqarah Ayat 183 berisi tentang kewajiban berpuasa. Al Baqarah sendiri memiliki arti "Sapi Betina". Berada di urutan ke-2 dalam kitab suci Alquran, Surat al Baqarah terdiri dari 286 ayat. Kemudian termasuk golongan Madaniyah atau diturunkan di Kota Madinah.

Meski begitu, ada satu ayat dalam Surat Al Baqarah yang diturunkan di Mina, yakni ayat 281. Ayat tersebut diturunkan saat haji wada atau haji terakhir Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: 44 Tahun Masjid Istiqlal, Dirancang Arsitek Non-Muslim Pemenang Sayembara Bung Karno 

Guna memahami lebih dalam terkait Surat Al Baqarah Ayat 281, berikut ini isi dan tafsirnya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Ya ayyuhallazina amanu kutiba 'alaikumus-siyamu kama kutiba 'alallazina ming qablikum la'allakum tattaqun

Artinya: "Wahai orang-orang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al Baqarah: 183)

Baca juga: Abu Nawas Langsung Kenyang Usai Mimpi Bertemu Nabi Daud, Kok Bisa? 

Tafsir:

Menurut bahasa Arab, puasa berasal dari kata Shaum atau Shiyam yang artinya "Menahan". Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkannya dengan cara-cara yang khusus. Puasa dilakukan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Menurut tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia, orang yang beriman diwajibkan berpuasa sebagai tujuan mendidik jiwa, mengendalikan syahwat, dan menyadarkan bahwa manusia makhluk sempurna.

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa guna mendidik jiwa, mengendalikan syahwat, dan menyadarkan bahwa manusia memiliki kelebihan dibandingkan hewan, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu dari umat para nabi terdahulu agar kamu bertakwa dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Ibnu Katsir sebagai ulama tafsir menerangkan, puasa mengandung hikmah menyucikan tubuh dan mempersempit jalan-jalan setan.

Demikianlah makna puasa yang dapat diambil sebagai pembelajaran dari Surat Al Baqarah Ayat 183. Semoga memberi manfaat bagi setiap Muslim menjelang bulan Ramadhan 1443H.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: SE Menag, Khotbah Jumat Diimbau Menggunakan Pengeras Suara Dalam 

Baca juga: 44 Tahun Masjid Istiqlal, Ini 5 Keistimewaannya yang Jadi Kebanggaan Indonesia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini