Share

Pahala Memberi Istri Lebih Besar dari Sedekah Hari Jumat? Ini Kata Ustadz Hanan Attaki

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 330 2552773 pahala-memberi-istri-lebih-besar-dari-sedekah-hari-jumat-ini-kata-ustadz-hanan-attaki-aHaHpuzgYQ.jpg Ustadz Hanan Attaki. (Foto: Instagram @hanan_attaki)

HARI Jumat merupakan waktu yang dipenuhi rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Pada hari tersebut setiap Muslim disunahkan berlomba-lomba melakukan kebaikan, seperti sholat, mengaji, hingga memperbanyak zikir. Selain itu, sedekah di hari Jumat juga sangat dianjurkan.

Seperti dilansir nu.or.id, dijelaskan dalam literatur fikih terdapat anjuran bersedekah pada hari Jumat. Ini karena pada hari Jumat banyak sekali keutamaan yang akan didapat bagi Muslim yang menjalankannya.

Baca juga: Geger! Abu Nawas Bangun dari Keranda, Semua Orang Ketakutan Lari Tunggang Langgang 

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Terjemahan Beserta Keutamaannya Dibaca Setiap Hari Jumat 

Jumat juga merupakan hari raya atau hari besar bagi umat Islam. Selain terdapat banyaknya keutamaan, bersedekah di hari Jumat akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Keutamaan bersedekah di hari Jumat juga terdapat di beberapa hadis, yakni disebutkan anjuran khusus untuk bersedekah. Di antaranya:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا،

"Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal salih, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak zikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rezeki." (HR Al Kassi dalam kitab Al Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementera itu, dikutip dari YouTube Arroya Channel, dai muda Ustadz Hanan Attaki mengatakan tidak akan berkurang bagi siapa saja yang mengeluarkan hartanya untuk bersedekah.

"Enggak berkurang harta karena sedekah. Berkurang karena belanja, iya. Berkurang karena pacaran, iya. Modal banget, apalagi buat cowok. Tapi, berkurang harta karena sedekah? Demi Allah kata Nabi, tidak berkurang harta karena sedekah," ujarnya.

Baca juga: Alquran Surat Yasin Ayat 1-83 Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Jumat 25 Februari 2022M/24 Rajab 1443H 

Terlebih lagi, tambah dia, jika memperbanyak sedekah kepada istri, maka pahala yang diterima seorang suami akan lebih besar dibandingkan sedekah pada hari Jumat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini