Share

Hikmah Isra Miraj Dirasakan Sampai Sekarang, Apa Itu? Ini Kata Ustadz Das'ad Latif

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 330 2553645 hikmah-isra-miraj-dirasakan-sampai-sekarang-apa-itu-ini-kata-ustadz-das-ad-latif-ymrNxthldQ.jpg Ustadz Das'ad Latif mengungkap hikmah Isra Miraj yang dirasakan sampai sekarang. (Foto: Instagram @dasadlatif1212)

ISRA Miraj merupakan peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam. Inilah momen Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan kaum Muslimin mendapat perintah menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.

Lantas, apa hikmah yang dapat dipetik kaum Muslimin dari momen Isra Miraj? Begini penjelasan dai asal Makassar Ustadz Das'ad Latif.

Baca juga: Ini Sejarah Rajab Jadi Bulan Suci Terjadinya Isra Miraj, Muslimin Wajib Tahu! 

Menurut dia, Isra Mi'raj menghadiahkan umat Islam sebuah ibadah yaitu sholat. Dalam sholat kaum Muslimin diajarkan bagaimana moderasi beragama.

Melihat perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dari Makkah ke Masjid Al Aqsa memberikan pesan bagaimana hidup seimbang. Hidup seimbang dengan hubungan antar-umat manusia atau sesama makhluk hidup dan hubungan dengan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Info grafis Isra Miraj. (Foto: Okezone)

"Perbaiki hubunganmu horizontal, jangan lupa vertical. Inilah yang kita kenal dengan habluminallah habluminannas," ujar Ustadz Das'ad Latif dalam tayangan di kanal YouTube Logic Multimedia.

Lebih lanjut ia mengatakan musyawarah atau berkumpul untuk mencari solusi yang baik. Sehingga bagi mereka memiliki jabatan tidaklah lupa untuk melakukan musyawarah dan bersikap adil.

Baca juga: Isra Miraj: Apa Itu Baitul Makmur dan Baitul Izzah yang Dilihat Rasulullah di Atas Langit? 

Bukan tanpa alasan, mendengar perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam Isra Miraj berkomunikasi dengan nabi lainnya. Nabi Muhammad bertemu Allah Subhanahu wa ta'ala menerima ilham dan dihadiahi sholat sebanyak 50 kali dalam sehari semalam ternyata dikurangi oleh Allah Ta'ala.

"(Sebanyak) 50 rakaat, Nabi Musa Alaihissallam minta diskonlah ini seperti ini bahasanya dan saya diminta sama pak menteri supaya dakwah itu jangan menakutkan. Ya Nabi Musa masih banyak, minta lagi kurangi lagi orang lagi main lagi kurang 5 dikurang 5 terakhir, akhirnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menyetujui hanya 5 kali sholat dalam sehari," sambungnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terakhir yaitu kesatuan, Ustadz Das'ad Latif mengatakan bahwa rasa persatuan dan sikap bergotong-royong atau kerja sama harus dijaga. Sebab, hal inilah yang diturunkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam untuk semua umatnya, saling membantu dan memberi.

"Inilah Islam kata Nabi selama masih ada tawaran untuk berdamai dan bermusyawarah bersatu lakukan pada akhirnya jangan sekadar menjadi seremonial semata. Mari kita jadikan nilai-nilai dalam kehidupan beragama mampu kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," tukas Ustadz Das'ad Latif.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Isra Miraj, Ini Kisah Rasulullah Meminta Keringanan Sholat dari 50 Menjadi 5 Waktu 

Baca juga: Isra Mikraj, Ini Urutan Langit yang Disinggahi Nabi hingga Dapat Wahyu dari Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini