Share

Cerita Muslimah Jamaah Umrah Bertemu "Malaikat" hingga Dibantu Mencium Hajar Aswad Kakbah

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 614 2559945 cerita-muslimah-jamaah-umrah-bertemu-malaikat-hingga-dibantu-mencium-hajar-aswad-kakbah-syaJoJ1XUB.jpg Ilustrasi jamaah umrah. (Foto: SPA/Arabnews)

BATU Hajar Aswad memang menjadi rebutan semua jamaah haji dan umrah untuk menciumnya. Hajar Aswad sendiri merupakan sebuah batu hitam yang diyakini kaum Muslimin berasal dari surga.

Pasalnya, batu itu ditempatkan di bangunan suci Kakbah oleh Nabi Ibrahim Alaihissallam setelah diberikan oleh Malaikat Jibril. Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam selalu mencium Hajar Aswad setiap melakukan tawaf saat berada di Masjidil Haram.

Baca juga: Wanita Ini Histeris Keluar Darah Haid Terus-menerus saat Umrah, Terungkap Dosa yang Diperbuat!ย 

Mencium Hajar Aswad lantas menjadi impian setiap umat Islam dunia yang sedang melaksanakan tawaf. Bila beruntung, tentu akan merasakan kenikmatan tersendiri bisa mencium batu yang diyakini berasal dari surga itu.

Namun untuk mencium Hajar Aswad tidaklah mudah. Salah seorang jamaah umrah pun mengakui hal itu, karena umat Islam harus berdesak-desakkan dan saling sikut demi mencium Hajar Aswad. Ditambah, harus bersaing dengan jamaah lain yang berbadan besar.

Dikutip dari tayangan di kanal YouTube Eljunaed, jamaah wanita itu bernama Venus (samaran). Kala itu Venus berangkat pergi umrah seorang diri tanpa kehadiran keluarga. Selama di Kota Makkah dan Madinah, dia mengaku mendapat kemudahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala, mulai keberangkatan hingga perjalanan pulang ke rumah, banyak sekali yang menolongnya.

Salah satu pengalaman berkesan yang Venus alami kala umrah adalah bertemu malaikat penolong ketika hendak mencium Hajar Aswad. Suatu hari selepas Sholat Subuh, dia bersama teman sekamarnya melakukan tawaf sunah. Lalu di putaran ketiga, ia melihat kondisi sekitar Kakbah sangat kosong.

Akhirnya Venus berinisiatif mengajak teman sekamarnya untuk mencium Rukun Yamani. Mereka pun bergeser demi mencium dan menyentuh Kakbah sambil berdoa dengan khusyuk. Setelah selesai, mereka bergeser ke Makam Ibrahim yang juga dipermudah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dalam perjalanannya. Hingga akhirnya sampailah mereka di Hajar Aswad.

Ternyata antrean di Hajar Aswad sangat ramai sampai berdesakan. Meski sekilas terlihat longgar, Venus merasa kesulitan bergerak. Ia bersama teman-temannya lantas bergandengan tangan agar tidak saling berjauhan.

Baca juga: Benarkah Rusia Bangsa Rum yang Disebut dalam Hadis Rasulullah tentang Akhir Zaman?ย 

Namun ketika antrean mereka berjarak kurang dari 1 meter, keduanya justru terpecah menjadi dua kelompok. Venus hanya sisa bertiga bersama kedua temannya. Tiba-tiba datanglah dua pria bertubuh besar yang mengenakan gamis menawarkan pertolongan untuk mendekati Hajar Aswad.

"Ada dua laki-laki mendatangi saya, dia berkata: 'Mbaknya mau diantar nyium Hajar Aswad? Silakan berpegangan baju di pundak saya. Ajak juga temannya'," kata sang pemilik akun yang membacakan kisah jamaah umrah tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian salah satu dari mereka bertiga diantar oleh pria bergamis krem. Dia melihat temannya itu sangat mudah mencium Hajar Aswad. Begitu pula teman lainnya. Sampai akhirnya giliran Venus tiba. Makin mendekati Hajar Aswad, ternyata Venus merasa makin sulit bergerak.

Bahkan, pria yang mengantarnya itu sampai bercucuran keringat dan bernapas terengah-engah demi mengantarnya. Dalam hati, Venus hanya bersalawat dan berdoa agar Allah Subhanahu wa ta'ala mengizinkannya mencium Hajar Aswad.

Baca juga: Viral Ibu Non-Muslim Antar Putri Kecilnya Masuk Islam, Dukung Penuh Jadi Mualafย 

Tidak lama kemudian, dua pria yang datang menolongnya itu coba menahan orang-orang yang antre Hajar Aswad dari arah kanan dan kiri.

Ya, Venus sudah berada tepat di depan Hajar Aswad kala itu, bahkan tangannya sudah berhasil menyentuh batu beraroma harum yang berasal dari surga tersebut. Akan tetapi saat Venus ingin mendekat, ada pria bertubuh besar yang mendorongnya dari belakang. Dia pun terhimpit dan sesak napas dalam kerumunan orang-orang bertubuh besar, hingga akhirnya Venus jatuh pingsan.

Pria yang dari awal menolongnya kemudian menangkap dan membopongnya keluar dari kerumunan itu. Pria tersebut membawanya ke tepi dan memberikan minum sambil mencari teman sekamar Venus. Sampai akhirnya Venus kembali sadar ditemani teman sekamarnya. Meski sudah sadar, Venus masih belum memiliki tenaga untuk berjalan.

Baca juga: Ayat Kursi Latin dan Artinya Beserta Keutamaan Membacanyaย 

Tidak lama kemudian, pria tersebut berpamitan untuk pergi. Dengan mata yang masih sayup-sayup, Venus melihat jelas dan mengingat bahwa sosok pria yang menolongnya itu memakai gamis navy bercorak putih dan peci putih. Meski belum berhasil mencium Hajar Aswad, Venus tetap bersyukur berhasil menyentuhnya.

Sayang, Venus lupa mengucapkan terima kasih kepada pria itu. Dia mengaku tidak ingat wajah sang pria. Venus hanya mengingat pria itu berkulit putih, tinggi, berwibawa, dan bergamis navy. Dari kejadian inilah akhirnya Venus menyebut pria tersebut sebagai malaikat bergamis navy. Dia berharap suatu saat bisa bertemu dan mengucapkan terima kasih secara langsung.

Wallahualam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini