Share

Gelar Sholat Jumat, Masjid Istiqlal Masih Terapkan Shaf Jaga Jarak

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 614 2560026 gelar-sholat-jumat-masjid-istiqlal-masih-terapkan-jaga-jarak-V3NyGaRds6.jpg Masjid Istiqlal. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

MASJID Istiqlal di Jakarta Pusat hari ini menyelenggarakan ibadah fardhu Sholat Jumat. Namun, Sholat Jumat masih digelar dengan menjaga jarak shaf atau renggang-renggang.

Ini tidak seperti imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mempersilakan jamaah Sholat Jumat merapatkan lagi shafnya. Adapun alasan belum merapatkan shaf sholat di Masjid Istiqlal karena wilayah DKI Jakarta masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 hingga 14 Maret 2022.

Baca juga: Alhamdulillah! Sholat Jumat Hari Ini Boleh Rapatkan Shaf Lagi, Simak Fatwa MUI 

Info grafis 44 tahun Masjid Istiqlal. (Foto: Okezone)

Berdasarkan pantauan MNC Portal, Jumat (11/3/2022), terlihat masih adanya stiker silang berwarna merah sebagai tanda jaga jarak antara jamaah sholat di Masjid Istiqlal. Namun, penanda jaga jarak makin kecil yang sebelumnya cukup renggang.

Terlihat jamaah Sholat Jumat mulai berdatangan dan mengisi shaf-shaf kosong di bagian depan. Tampak petugas Masjid Istiqlal mengarahkan jamaah agar mengisi terlebih dahulu shaf yang kosong.

Baca juga: Wanita Ini Histeris Keluar Darah Haid Terus-menerus saat Umrah, Terungkap Dosa yang Diperbuat! 

"Jaraknya agak lebih rapat dari sebelumnya (sambil menunjuk tanda silang berwarna merah). Sebelumnya lebih renggang jaraknya," ucap salah seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun yang bertindak sebagai khatib dan imam Sholat Jumat di Masjid Istiqlal pada hari ini adalah dai kondang asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ustadz Das'ad Latif.

Sebelumnya MUI menyampaikan bahwa aktivitas ibadah sholat berjamaah dapat dilaksanakan dengan merapatkan shaf dan tanpa berjarak. Ini seiring terus menurunnya kasus covid-19 di Tanah Air.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ayat Kursi Latin dan Artinya Beserta Keutamaan Membacanya 

Baca juga: Cerita Muslimah Jamaah Umrah Bertemu "Malaikat" hingga Dibantu Mencium Hajar Aswad Kakbah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini