Share

5 Masjid Unik di Jakarta yang Menarik Didatangi Selama Ramadan, Menambah Semangat Beribadah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 615 2569569 5-masjid-unik-di-jakarta-yang-menarik-didatangi-selama-ramadan-menambah-semangat-beribadah-9kRbSfDCRa.jpg Masjid Agung Al Azhar salah satu yang masjid unik di Jakarta. (Foto: Okezone)

BULAN Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi tinggal hitungan hari. Beberapa Muslimin ada yang sudah menyiapkan berbagai hal menyambutnya. Misalnya, daftar masjid untuk dikunjungi selama bulan puasa. Di Jakarta sendiri ada banyak masjid unik dan menarik jadi tujuan ziarah selama Ramadan.

Dikutip dari kanal YouTube Emak Hijaber, berikut ini lima masjid unik di DKI Jakarta yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi kaum Muslimin selama Ramadan. Bisa membuat makin semangat beribadah lho.

Baca juga: Menikmati Kemegahan Masjid Istiqlal: Berkonsep Modern Tropis Cerminan Keragaman Indonesia 

1. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid ini berlokasi di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat. Masjid Agung Sunda Kelapa tidak memiliki kubah, beduk, bulan bintang, dan sederet simbol yang biasa terdapat di dalam sebuah masjid. Namun di dalam Masjid Agung Sunda Kelapa ada bangunan mirip perahu sebagai simbol Pelabuhan Sunda Kelapa.

Masjid Agung Sunda Kelapa. (Foto: Okezone)

Baca juga: Surat Al Mulk, Ini Keutamaan serta Waktu yang Tepat Membacanya 

2. Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al Azhar berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid megah di Jaksel ini dibangun pada 1953. Bangunan Masjid Agung Al Azhar sangat megah dan unik dengan dua pagar tinggi lengkap dengan lampu kuning di bagian depannya.

Masjid Agung Al Azhar. (Foto: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/Antara)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Masjid Perahu Baiturrahman

Masjid Perahu Baiturrahman berlokasi di Jalan Kasablanka, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Ini merupakan bangunan yang diambil dari kisah sejarah Nabi Nuh Alaihissallam. Bangunan yang berbentuk perahu ini digunakan sebagai tempat wudu dan toilet.

Masjid Perahu Baiturrahman. (Foto: Okezone)

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ajarkan Doa Menyambut Ramadan: Lengkap Bacaan Arab, Arti, Keutamaannya 

4. Masjid Istiqlal

Lokasi Masjid Istiqlal berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Masjid ini memiliki bangunan yang megah dan berwarna serbaputih. Masjid ini dapat menampung hingga 200 ribu orang.

Masjid Istiqlal. (Foto: Instagram @alivikry)

Baca juga: Syekh Ali Jaber Ungkap Cara Istri Hadapi Suami yang Malas, Gampang Banget Lho! 

5. Masjid At-Tin

Lokasi Masjid At-Tin berada di Jalan Taman Mini 1 Nomor 3, Pinang Ranti, Jakarta Timur. Masjid At-Tin dibangun pada 1967 dengan desain yang sangat megah. Masjid ini memiliki arsitektur unik dengan ornamen mewah hampir di setiap sudut ruangan. Wah, penasaran kan?

Baca juga: Humor Abu Nawas: Atasi Pembohong Pakai Cara Tanya Arah Jalan, Aneh Banget! 

Masjid Agung At-Tin di Jakarta Timur. (Foto: Kemenag.go.id)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini