Share

Pingsan saat Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 614 2579578 pingsan-saat-puasa-bagaimana-hukumnya-8VZnrl0klw.jpg Pingsan saat puasa, bagaimana hukumnya? (Foto: HealthyWomen)

JAKARTA - Ketika kita sedang berpuasa lalu tiba-tiba kita pingsan, apa yang harus kita lakukan? Apakah kita melanjutkan puasa kita atau membatalkan puasa kita?

Para ulama menjalaskan โ€œapabila kita pingsan sebelum terbit matahari hingga sadar kemudian setelah terbenam matahari maka sesungguhnya orang tersebut tidak berpuasa.โ€ Artinya, orang tersebuh harus menggantinya di waktu setelah bulan ramadan.

Kemudian yang kedua, bagaimana jika dia pingsan di tengah-tengah hari ketika ia sedang berpuasa. Contoh, pada pukul satu siang dia kepanasan dan tiba-tiba ia pingsan. Lalu ia sadar di sore hari setelah ashar. Apakah puasanya batal atau tidak?

Para ulama menjelaskan bahwasanya โ€œDia tidak harus membatalkan puasanya, maka puasanya dihitung dan ia harus melanjutkan puasanya hingga waktu berbuka.โ€

Kasus lain, bagaimana jika kita muntah saat kita berpuasa? Para ulama menjelaskan bahwasanya dulu Rasulullah SAW pernah muntah saat berpuasa kemudian beliau berbuka puasa. โ€œsaat itu Rasulullah SAW berbuka puasa bukan karena muntahnya akan tetapi karena sakitnya,โ€ ucap para sahabat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa bila seseorang dari kita muntah dengan tidak disengaja maka puasanya bisa dilanjutkan, dalam artian muntahnya tidak membatalkan puasa. Akan tetapi, jika seseorang muntah dengan disengaja maka puasanya batal dan harus membayar kafarah dan mengganti puasanya.

Jadi, di bulan ramadan ini mari kita menjaga kesehatan dan diri kita dengan baik selama berpuasa. Makan sahur dengan cukup, ditambah asupan vitamin agar kita tetap sehat dan bugar menjalani aktivitas walaupun sedang berpuasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini