Share

Terungkap Waktu Terbaik untuk Makan Sahur, Jam Berapa?

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 25 April 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 614 2584868 terungkap-waktu-terbaik-untuk-makan-sahur-jam-berapa-wH7SS5tbn4.jpg Ilustrasi waktu terbaik makan sahur. (Foto: Shutterstock)

WAKTU terbaik untuk makan sahur. Sahur adalah bagian yang paling penting saat seseorang akan melakukan ibadah puasa.

Sahur penting dilakukan, sebab tanpa sahur puasa tidak akan berjalan dengan baik dan kesehatan tubuh pun bisa terganggu. Dengan sahur, kamu dapat memastikan tubuh tetap kuat untuk puasa dan juga lebih sehat.

Baca juga: 7 Fakta Felixia Yeap Mantan Bintang Playboy Masuk Islam, Nomor 5 Keputusan Sangat Beratย 

Namun, Anda harus tetap memastikan jumlah makanan yang dikonsumsi dalam takaran sedang. Selain asupan, pemilihan waktu terbaik untuk sahur juga harus diperhatikan agar tubuh tetap kuat dan tidak merasa cepat lapar.

Lantas, kapan waktu yang sebaiknya dilakukan untuk sahur pada seseorang yang akan puasa?

Dalam beberapa kasus, banyak orang yang mengonsumsi makanan sahur di tengah malam. Memang hal tersebut sah-sah saja, namun kebiasaan tersebut dapat memengaruhi manfaat puasa yang diterima.

Baca juga: Hal-Hal Makruh dalam Berpuasa, Nomor 10 Harus Dihindari agar Pahala Tidak Berkurangย 

Perlu dipahami, tujuan sahur adalah memberikan kekuatan fisik dan menghemat energi agar aktivitas tidak terganggu. Oleh sebab itu, melakukan sahur tidak terlalu jauh dari batas waktu dapat memastikan tubuh tetap memiliki energi hingga berbuka puasa.

Disebutkan bahwa waktu yang tepat untuk melakukan sahur adalah sekira pukul 03.00. Dengan begitu, energi yang didapat dari asupan makanan yang dikonsumsi akan lebih banyak saat melakukan sahur saat menjelang pagi tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hal itu juga tercantum dalam Alquran Surat Al Baqarah Ayat 187, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: (โ€ฆ makan dan minumlah sampai jelas bagimu benang putih dari benang hitam fajarโ€ฆ). Maka alangkah baiknya untuk makan sahur di waktu menjelang imsak.

Baca juga: Hukum Mimpi Basah saat Puasa Ramadan, Bikin Batal atau Tidak?ย 

Sama seperti sarapan, ternyata melakukan sahur sebelum mulai puasa dapat membuat tubuh lebih sehat. Kebiasaan ini dapat menurunkan risiko obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Supaya merasakan manfaat tersebut, ada baiknya untuk selalu bangun di pagi hari agar puasa lancar dan tubuh lebih bugar.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini