Share

5 Manfaat Luar Biasa Silaturahmi Lebaran Menurut Ajaran Islam

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 330 2586481 5-manfaat-luar-biasa-silaturahmi-lebaran-menurut-ajaran-islam-WUPXy6ufM3.jpg Ilustrasi manfaat silaturahmi Lebaran. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

LEBARAN atau hari raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu kaum Muslimin. Selain dimaknai sebagai Hari Kemenangan, di waktu inilah umat Islam bisa saling bersilaturahmi.

Bersilaturahmi saat Lebaran antara lain dengan kumpul keluarga di kampung halaman, mengunjungi para sesepuh, menyambangi saudara dan tetangga, atau berkumpul bersama teman dan sahabat tersayang.

Baca juga: Hijrah! 10 Artis Cantik Bollywood Ini Mantap Berhijab dan Tinggalkan Dunia Glamorย 

Tidak sekadar bertemu secara fisik atau bisa juga virtual, sebetulnya momen silaturahmi Lebaran ini punya banyak manfaat menurut ajaran Islam.

Sebagaimana dijelaskan Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal baru-baru ini, setidaknya ada lima manfaat bersilaturahmi saat Lebaran.

1. Ibadah yang disukai Rasulullah

Silaturahmi adalah ibadah yang dicintai para Nabi, Rasul, malaikat Allah Subhanahu wa ta'ala dan para Sholihin. Khususnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ ู…ู† ูƒุงู† ูŠุคู…ู† ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุขุฎุฑ ูู„ูŠูƒุฑู… ุถูŠูู‡ ูˆู…ู† ูƒุงู†ูŠุคู…ู† ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุขุฎุฑ ูู„ูŠุตู„ ุฑุญู…ู‡ ูˆู…ู† ูƒุงู† ูŠุคู…ู† ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุขุฎุฑ ูู„ูŠู‚ู„ ุฎูŠุฑุง ุฃูˆ ู„ูŠุตู…ุช

Artinya: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ia bersabda, 'Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam'." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Melebur dosa

Ustadz Ainul Yaqin menyebut kegiatan silaturahmi bisa melebur segala kesalahan, kekhilafan, dan dosa antar-sesama. "Saling meridhoi antar-sesama, sebab kekhilafan dan kesalahan sengaja atau tidak disengaja Haqul Adami, akan bisa terkomunikasikan dan berujung saling mengikhlaskan," katanya.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Raja Dikasih Bebek Panggang, tapi Kok Kakinya Cuma Satu?ย 

3. Media meminta maaf

Silaturahmi bermanfaat juga menjadi ruang meminta maaf antar-sesama manusia. Saat silaturahmi ketika Lebaran, bertemu satu sama lain ada rasa lapang untuk meminta maaf atas khilaf maupun kesalahan antar-sesama dalam jalinan sambung silaturahmi tersebut. Berjabat tangan yang berakhir saling mendoakan kebaikan dan saling memaafkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Membuka pintu rezeki

Tahukah Anda, silaturahmi saat Lebaran bisa membuka pintu rezeki. Sebab di momen ini bisa menjadi wadah umat manusia untuk menebar kebaikan, memberi informasi bermanfaat , yang pada akhirnya yang mendatangkan peluang potensi rezeki.

"Allah Subhanahu wa ta'ala melimpahkan keridhoan rezeki kepadanya sebab silaturahmi," tambah Ustadz Ainul Yaqin.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Sholat di Indonesia Hari Ini Kamis 28 April 2022M/26 Ramadan 1443Hย 

5. Dapat kebaikan dari Allah Ta'ala

Dalam salah satu hadis, silaturahmi disebutkan menjadi ruang kecintaan Allah Subhanahu wa ta'ala dan tempat para malaikat Allah untuk mencurahkan doa kebaikan bagi yang orang-orang yang menjalin silaturahmi.

"Mereka yang bersilaturahmi akan diberikan kebaikan dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala, keselamatan lahir dan batin, kesehatan berlimpah dan panjang umur," jelas Ustadz Ainul Yaqin.

ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: โ€ ู…ูŽู†ู’ ุณูŽุฑูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุจู’ุณูŽุทูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฑูุฒู’ู‚ูู‡ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูู†ู’ุณูŽุฃูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฃูŽุซูŽุฑูู‡ูุŒ ููŽู„ู’ูŠูŽุตูู„ู’ ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู

Artinya: "Aku mendengar Rasulullah Shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, 'Barang siapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim'." (Shahiih Al-Bukhaariy nomor 2067)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini