Share

Ini Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Sesuai Sunah

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 614 2588015 ini-ucapan-selamat-hari-raya-idul-fitri-sesuai-sunah-FbEYSyMCxY.png Ilustrasi ucapan selamat hari raya Idul Fitri sesuai sunah. (Foto: Shutterstock)

UCAPAN selamat hari raya Idul Fitri sesuai sunah akan dibahas dalam artikel ini. Tidak terasa bulan Ramadan segera berakhir. Itu berarti sebentar lagi kaum Muslimin akan bertemu dengan hari raya Idul Fitri.

Hari raya Idul Fitri selalu ditunggu-tunggu. Pasalnya, ini adalah momen ketika keluarga besar akan berkumpul setelah sekian lama tidak bertemu.

Baca juga: 30 Ucapan Hari Raya Idul Fitri, Cocok untuk Keluarga dan Teman Dekatย 

Umumnya saat momen ini semua orang akan mengucapkan "Selamat hari raya Idul Fitriโ€ atau "Selamat Lebaran", "Minal aidzin wal faidzin", dan sebagainya.

Namun, apakah ucapan seperti itu sesuai sunah? Untuk itu, ini penjelasan mengenai ucapan selamat hari raya Idul Fitri sesuai sunah.

Terdapat berbagai riwayat mengenai ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang diutarakan oleh para sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam di hari raya.

Baca juga: Viral Sholat Berjamaah di Tengah Festival Ramadan Liverpool, sang Imam Muda Jadi Sorotanย 

Sebagaimana dalam sebuah hadis berikut ini:

ุฑู ุจู’ู†ู ู†ูููŽูŠู’ุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุงูู„ู’ุชูŽู‚ูŽูˆู’ุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุนููŠุฏู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ู„ูุจูŽุนู’ุถู : ุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูู†ูŽู‘ุง ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒ . ู‚ุงู„ ุงู„ุญุงูุธ : ุฅุณู†ุงุฏู‡ ุญุณู†

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam berjumpa dengan hari โ€˜ied (Idul Fithri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, โ€œTaqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadist di atas adalah hasan.

Salah seorang ulama, Harb mengatakan, โ€œImam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya โ€˜ied (โ€˜Idul Fithri dan โ€˜Idul Adha), apakah dengan ucapan, โ€˜Taqobbalallahu minna wa minkumโ€™?โ€ Imam Ahmad menjawab, โ€œTidak mengapa mengucapkan seperti itu.โ€ Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

Jadi, kesimpulannya adalah ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang sesuai sunnah adalah โ€œTaqobbalallahu minna wa minkumโ€.

Demikian informasi mengenai ucapan selamat hari raya Idul Fitri sesuai sunah. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini