Share

Surat Ali Imran Ayat 19: Bukti-Bukti Kebenaran Agama Islam

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 330 2596737 surat-ali-imran-ayat-19-bukti-bukti-kebenaran-agama-islam-AYTu7SSjAK.jpg Ilustrasi tafsir Surat Ali Imran Ayat 19. (Foto: Shutterstock)

SURAT Ali Imran Ayat 19 menerangkan tentang kebenaran agama Islam yang diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala. Surat Ali Imran berada di urutan ketiga dalam Alquran yang membahas delegasi Najran dari ayat 1 hingga 83.

Surat Ali Imran juga dinamai Az-Zahrawan (Dua yang Cemerlang). Pasalnya, surat ini menyingkapkan hal-hal yang menurut Al-Qur'an disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian kelahiran Nabi Isa dan kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Selain itu, Surat Ali Imran juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang pernyataan Allah Subhanahu wa ta'ala tentang keesaan dan keadilan-Nya serta agama yang diridhai-Nya yang terdapat pada ayat 18 hingga 20.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 19 Surat Ali Imran? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

Arab-Latin:

Innad-dīna 'indallāhil-islām, wa makhtalafallażīna ụtul-kitāba illā mim ba'di mā jā`ahumul-'ilmu bagyam bainahum, wa may yakfur bi`āyātillāhi fa innallāha sarī'ul-ḥisāb

Artinya :

Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan kebenaran agama Islam, agama yang diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala dengan ajaran intinya Tauhid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Kemenag RI:

Setelah ayat sebelumnya menjelaskan tentang keesaan Allah, maka ayat ini menegaskan tentang kebenaran Islam yang inti ajarannya adalah tauhid. Sesungguhnya agama yang benar dan diridhai di sisi Allah adalah Islam, yang inti ajarannya adalah tauhid.

Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab, yakni para penganut Yahudi dan Nasrani, terhadap kebenaran Islam, kecuali atau justru setelah mereka memperoleh pengetahuan tentang hal itu, bukan karena ketidaktahuan.

Demikian ini, karena adanya rasa kedengkian di antara mereka terhadap karunia yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebagai rasul terakhir. Padahal, barang siapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, baik yang tertulis maupun yang tak tertulis, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya terhadap amal-amal hamba-Nya.

Demikian isi kandungan pada Surat Ali Imran Ayat 19. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini