Share

Isi Surat Ali Imran Ayat 134: Allah Ta'ala Mencintai Orang yang Berbuat Baik

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 330 2597159 isi-surat-ali-imran-ayat-134-allah-ta-ala-mencintai-orang-yang-berbuat-baik-vc2Ele40w4.jpg Ilustrasi menyimak isi Surat Ali Imran Ayat 134. (Foto: Tayeb Mezahdia/Pexels)

SURAT Ali Imran Ayat 134 menjelaskan tentang takdir manusia. Surat Ali Imran tidak hanya memuat kisah Keluarga Imran, tetapi juga kelahiran Nabi Isa Alaihissallam, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam Alaihissallam, kenabian, dan beberapa mukjizatnya; serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran.

Surat Ali Imran yang turun di Kota Madinah tidak hanya membahas pedoman membaca isi Al-Kitab (Alquran), melainkan juga berbagai pengajaran dalam setiap ayatnya. Salah satunya tentang perintah taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasul serta sifat-sifat orang yang bertakwa yang terdapat pada ayat 132 hingga 148.

Lantas, bagaimana isi kandungan pada ayat 134 Surat Ali Imran? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ

Arab-Latin:

Allażīna yunfiqụna fis-sarrā`i waḍ-ḍarrā`i wal-kāẓimīnal-gaiẓa wal-'āfīna 'anin-nās, wallāhu yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya:

(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan tentang karakter atau perbuatan baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Kemenag RI:

Mereka adalah orang yang terus-menerus berinfak di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala, baik di waktu lapang, mempunyai kelebihan harta setelah kebutuhannya terpenuhi, maupun sempit, yaitu tidak memiliki kelebihan, dan orang-orang yang menahan amarahnya akibat faktor apa pun yang memancing kemarahan dan memaafkan kesalahan orang lain.

Dan akan sangat terpuji orang yang mampu berbuat baik terhadap orang yang pernah berbuat salah atau jahat kepadanya, karena Allah Subhanahu wa ta'ala mencintai, melimpahkan rahmat-Nya tiada henti kepada orang yang berbuat kebaikan.

Demikian kandungan Surat Ali Imran Ayat 134. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini