Share

Masya Allah! 8 Artis Ini Bangun Masjid Pakai Uang Pribadi, Ada Bintang Sinetron 'Ikatan Cinta'

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 614 2598626 masya-allah-8-artis-ini-bangun-masjid-pakai-uang-pribadi-ada-bintang-sinetron-ikatan-cinta-KYfOpQEOSH.jpg Masjid Birrul Walidain di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang dibangun Olga Syahputra. (Foto: Dok Okezone)

MEMBANGUN masjid merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Allah Subhanahu wa ta'ala akan membalas kebaikan tersebut dengan membangunkan istana di surga-Nya kelak.

Dikutip dari Muslim.or.id, keutamaan membangun masjid sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Dari โ€˜Utsman bin โ€˜Affan radhiallahuโ€™anhu, beliau berkata, "Sungguh aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi Wasallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุจูŽู†ูŽู‰ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู‹ุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€“ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจููƒูŽูŠู’ุฑูŒ: ุญูŽุณูุจู’ุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุจู’ุชูŽุบููŠู’ ุจูู‡ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู โ€“ ุจูŽู†ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง

'Barang siapa yang membangun masjid karena Allah Ta'ala (mengharapkan wajah-Nya) maka Allah akan membangunkan baginya rumah (istana) di surga'." (HR Bukhari 1/172 nomor 439 dan Muslim 533)

Baca juga: Surat Al Baqarah Ayat 6: Azab Orang Kafir yang Keras Kepalaย 

Hal ini ternyata juga dijalani para artis Tanah Air. Mereka membangun masjid memakai uang pribadi. Beberapa artis itu ada yang memilih membangun di dekat rumahnya, ada pula yang di kampung halaman.

Penasaran siapa saja artis-artis yang membangun masjid menggunakan uang pribadi? Berikut delapan di antaranya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

1. Ivan Gunawan

Desainer sekaligus presenter Ivan Gunawan membangun sebuah masjid di Desa Ruwabarangga, Uganda, Afrika. Masjid tersebut dibangun dengan megah dan dapat menampung 400 hingga 500 jamaah.

2. Dewi Perssik

Dewi Perssik juga masuk deretan artis yang bangun masjid dengan uang sendiri. Pedangdut itu membangun masjid yang diniatkan untuk mendiang ayahnya. Masjid itu dibangun di kampung halamannya di Jember, Jawa Timur.

3. Nikita Mirzani

Kerap disorot dengan berbagai kontroversinya, Nikita Mirzani ternyata memiliki dermawan. Niki membangun masjid di daerah Bandung dan Yogyakarta. Masjid yang dibangun dari hasil jerih payahnya sebagai artis dan pengusaha itu bisa digunakan oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Gara-Gara Nginap di Rumah Teman Muslim, Bule Inggris Ini Yakin Masuk Islamย 

4. Julia Perez

Semasa hidupnya, Julia Perez juga menyisihkan penghasilannya untuk membangun mushola. Mushola bernama Ar-Rahma itu berada di Serang Banten. Hingga saat ini mushola itu masih digunakan masyarakat setempat untuk beribadah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Olga Syahputra

Olga Syahputra dikenal sebagai artis yang selalu berbagi kepada sesama yang membutuhkan selama masa hidupnya. Kakak dari Billy Syahputra ini juga membangun mushola bernama Birrul Walidain Olga Syahputra di kawasan Jakarta Timur.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Senin 23 Mei 2022M/22 Syawal 1443Hย 

6. Didi Kempot

Penyanyi campursari Didi Kempot meninggal dunia pada 2020 lalu. Sebelum wafat, ia sempat membangun Mushola Al-Istiqamah di kampung halamannya di Ngawi, Jawa Timur. Mushola tersebut diperuntukan bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

7. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama juga dikenal sebagai artis yang dermawan semasa hidupnya. Salah satu kedermawanannya terlihat dari masjid yang dibangunnya sekitar lebih dari 10 tahun yang lalu. Masjid tersebut bisa digunakan oleh semua umat islam yang mau beribadah.

Baca juga: Surat Ali Imran Ayat 92: Manfaat Infak bagi Umat Manusiaย 

8. Amanda Manopo

Artis cantik Amanda Manopo sempat mencuri perhatian beberapa waktu lalu. Pasalnya wanita yang terkenal berperan sebagai Andin di sinetron 'Ikatan Cinta' ini membangun sebuah masjid. Meskipun bukan seorang Muslim, ia memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam beragama. Manda menyisihkan sebagian uangnya sebagai artis untuk membuat masjid yang cukup mewah.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini