Share

Surat Ali Imran Ayat 102: Janganlah Mati Kecuali dalam Keadaan Muslim

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 330 2599455 surat-ali-imran-ayat-102-janganlah-mati-kecuali-dalam-keadaan-muslim-9TgBlniwzB.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 102. (Foto: Unsplash)

SURAT Ali Imran Ayat 102 akan dibahas dalam artikel ini. Surat Ali Imran erada di juz ketiga Alquran yang diterima oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Dalam hal ini, kemukjizatan Alquran terletak pada susunan ayat-ayat yang menampilkan kalimat dalam bentuk perumpamaan yang indah, sehingga menancap kuat pada jiwa dan memudahkan manusia dalam memahami, menerima, sehingga mudah dalam mengaplikasikan maksud ayat dalam hidup keseharian.

Salah satu surat yang terkandung didalamnya ayat-ayat perumpamaan ialah Surat Ali Imran. Surat Ali Imran (Keluarga Imran) termasuk golongan Madaniyyah yakni surat yang turunnya di Kota Madinah sewaktu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam hijrah di kota tersebut. Surat Ali Imran berjumlah 200 ayat dan turun sesudah Surat Al Anfal.

Terdiri dari 200 ayat ini banyak memuat kisah keluarga Imran yang di dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran.

Selain itu juga menampilkan kandungan agar tidak merubah agama dan tetap berpegang teguh pada Al-qurรกn. Berikut penggalan ayat i surat Ali Imran Ayat 102

ูŠูฐู“ุงูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุงูฐู…ูŽู†ููˆุง ุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุชูู‚ูฐู‰ุชูู‡ู– ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู…ููˆู’ุชูู†ู‘ูŽ ุงูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽุงูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ู‘ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ - ูกู ูข

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Ringkas Kemenag RI

Supaya kamu memperoleh keimanan yang kuat dan tidak goyah ketika terjadi cobaan, maka wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya sesuai kebesaran, keagungan, dan kasih sayang-Nya kepada kamu. Bukti ketakwaan tersebut adalah menaati Allah dan tidak sekalipun durhaka, mengingat-Nya dan tidak sesaat pun melupakan-Nya, serta mensyukuri nikmat-Nya tanpa sekalipun dan sekecil apa pun mengingkarinya sampai batas akhir kemampuan kamu, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim, berserah diri kepada Allah dengan tetap memeluk agama yang diridai, yaitu Islam. Karena tidak seorang pun mengetahui kapan datangnya kematian, maka berusahalah sekuat tenaga untuk selalu berada di jalan Allah, karena Allah akan menganugerahi hamba sesuai usaha yang dilakukannya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini