Share

Gara-Gara Tidur Sembarangan, Abu Nawas Mau Dimasak Jadi Bubur, Apes Banget!

Hantoro, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 614 2603909 gara-gara-tidur-sembarangan-abu-nawas-mau-dimasak-jadi-bubur-apes-banget-dyGllbD2rN.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas mau dimasak jadi bubur. (Foto: Istimewa)

ABU Nawas dalam kisah lucu kali ini dilaporkan memiliki siasat unik untuk keluar dari penjara. Berawal ketika ia yang kerap berkeliling kampung untuk tujuan apa pun, bahkan sekadar mengetahui kondisi masyarakat yang semestinya menjadi tugas pihak kerajaan.

Suatu ketika Abu Nawas melewati perkampungan orang-orang suku badui melalui perjalanan yang cukup melelahkan. Dia melihat sebuah rumah besar, semacam pasar yang di dalamnya terdapat orang-orang badui yang sedang berjualan bubur haris, bubur khas makanan para petani.

Baca juga: Abu Nawas Bisa Ajari Keledainya Baca Buku, Raja Syok Banget Lihatnya! Kok Bisa? 

Merasa lelah, Abu Nawas memilih tidak masuk ke pasar tersebut, apalagi memakan bubur yang terkenal lezat itu. Dirinya sampai di pinggir sungai dan berteduh di bawah pohon rindang dengan angin sepoi-sepoi.

Abu Nawas menikmati suasana desa yang asri tersebut sampai tertidur. Tidak sadar dalam kondisi terlelap, setelah terbangun, dia kaget sudah berada di dalam penjara.

Ia menatap seorang dari suku badui yang ada di depannya. "Mengapa aku dipenjara?"

Baca juga: Sayembara Cari Kambing Bertanduk Besar, Abu Nawas Menang Andalkan Tangan Bayi, Aneh Banget! 

"Kau akan kami jadikan campuran bubur haris," jawab warga suku badui itu, dikutip dari nu.or.id.

"Hah? Jadi yang kau jual di tengah desa itu bubur manusia?" tanya Abu Nawas.

"Bersiaplah," ujar orang tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Abu Nawas berkata, "Tubuhku ini kurus, kau tidak akan memperoleh daging yang banyak. Kalau kau setuju nanti sore akan kubawakan temanku yang bertubuh gemuk."

"Benarkah?" tanya orang itu.

"Aku tidak pernah bohong," kata Abu Nawas coba meyakinkan.

Entah kenapa akhirnya orang dari suku badui itu percaya dan melepaskan Abu Nawas. Singkat cerita, Abu Nawas justru membawa Baginda Raja yang menyamar sebagai orang biasa untuk membereskan praktik buruk di desa itu.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini