Share

Terungkap Sifat Orang yang Lahir di Bulan Dzulqa'dah

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 614 2605212 terungkap-sifat-orang-yang-lahir-di-bulan-dzulqa-dah-fAffAXA7eC.jpg Ilustrasi sifat orang yang lahir di bulan Dzulqadah. (Foto: Unsplash)

SIFAT orang yang lahir di bulan Dzulqa'dah ternyata sangat ingin diketahui banyak orang. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Dalam upaya mengenal sifat seseorang secara lebih mendalam, banyak orang mungkin menggunakan pendekatan dengan cara melihat tanggal, bulan, dan/atau tahun lahir.

Tidak hanya penanggalan secara umum, akan tetapi juga bisa memperkirakan sifat dan karakter seseorang berdasarkan sistem penanggalan Islam atau kalendar Hijriah.

Lantas, bagaimana sifat orang yang lahir di bulan Dzulqa'dah? Simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana telah MNC Portal himpun.

Baca juga: Masuk Islam, Wanita Mantan Ateis Ini Sukses Jadi Pengusaha Restoran Halal 

Keistimewaan Bulan Dzulqa'dah

Sebelum mengungkap sifat seseorang yang lahir di bulan yang terjadi setelah Syawal atau bulan momentum Idul Fitri, terlebih dahulu perlu ketahui bersama apa itu Dzulqa'dah dan bagaimana keistimewaannya.

Bulan Dzulqa'dah merupakan bulan ke-11 dalam kalender Hijriah atau penanggalan Islam. Bulan ini juga disebut dengan Al Qadah, bisa juga disebut Al Qidah, dan dijamakkan menjadi Zawatul Qa'dah.

Dinamakan demikian karena mereka (orang-orang Arab) diam di tempatnya, tidak mengadakan peperangan dan tidak pula bepergian.

Dzulqa'dah merupakan salah satu bulan istimewa. Bulan ini dimuliakan dan masuk Asyhurul Hurum atau empat bulan yang diharamkan untuk berbuat maksiat, kerusakan, maupun pembunuhan.

Baca juga: Menikah dengan Saudara Tiri, Ini Hukumnya Menurut Syariat Islam 

Adapun keempat bulan itu adalah itu adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (سورة التوبة: ٣٦)

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab)." (QS At-Taubah: 36)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sifat Orang yang Lahir di Bulan Dzulqa'dah

Menurut Mbah Sunan seorang ahli ilmu weton dalam sebuah video yang diunggah di YouTube dengan judul 'Watak Manusia Berdasarkan Bulan (Qomariah) Kelahirannya', ia menjelaskan bahwa orang yang lahir di bulan Dzulqa'dah memiliki sifat yang sepertinya serupa dengan keistimewaan bulan tersebut.

"Yang lahir pada bulan ini biasanya memiliki watak tansang ankaha gawe petik tegese yaitu selalu berbuat kebaikan terhadap sesamanya," ucapnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini