Share

Selain Al Mumtadz untuk Eril, Ini 5 Masjid Indah Rancangan Ridwan Kamil

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 615 2610545 selain-al-mumtadz-untuk-eril-ini-5-masjid-indah-rancangan-ridwan-kamil-GmtZibccLC.jpg Masjid Al Safar di Rest Area Tol Cipularang KM 88 salah satu rancangan Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @pilotlieur)

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil akan membangun Masjid Al Mumtadz untuk putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang meninggal dunia tenggelam di Sungai Aare, Swiss. Masjid tersebut terletak di kampung halaman ibunda Eril, Atalia Praratya.

Masjid tersebut diberi nama Masjid Al Mumtadz yang berasal dari nama Eril. Sementara makam Eril akan ditempatkan bersebelahan dengan masjid tersebut.

Diketahui Ridwan Kamil selain menjadi gubernur juga merupakan arsitek yang telah merancang berbagai bangunan di dalam maupun luar negeri. Salah satu bangunan yang paling terkenal karya arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung dan University of California Berkeley ini adalah masjid.

Baca juga: Masjid Al Mumtadz Miliki Arti Terbaik, Ridwan Kamil: Dear Eril, Kami Pilihkan Nama Penuh Doa Itu Untukmu 

Berbeda dengan masjid biasanya, masjid rancangan Ridwan Kamil unik dan menarik. Hal ini pun mendapat atensi serta apresiasi dari kalangan internasional.

Nah, berikut ini masjid-masjid indah rancangan Ridwan Kamil, sebagaimana telah MNC Portal himpun.

1. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid yang selesai dibangun pada 2010 ini memiliki bentuk sangat artistik, yakni kubus besar dengan garis-garis hitam di bagian dinding luar.

Tidak kalah megah dengan Masjid Al Safar, masjid ini dibangun di atas lahan lebih kurang 1.871 meter persegi dengan estimasi total jamaah 1.500 orang.

Desain interiornya pun sangat mengagumkan, dibangun berbentuk persegi panjang yang terinspirasi dan mirip Kakbah. Menariknya, setiap sisi masjid itu bertuliskan kalimat tauhid Laa Ilaha Illallah dalam huruf hijaiyah.

Dinding masjidnya pun terbuat dari bata yang berfungsi sebagai ventilasi udara yang disusun, sehingga membentuk tulisan Laa Ilaha Illallah.

Menariknya lagi, area tempat sholat sengaja dibangun tanpa dinding dan langsung menghadap ke lanskap pemandangan yang indah, sehingga jamaah bisa memanjakan matanya seusai beribadah.

Pemandangan yang tidak biasa tersebut pun menumbuhkan ketenangan umat Islam dalam beribadah. Berkat desain Masjid Al Irsyad, Ridwan Kamil meraih penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards Tahun 2018.

Masjid Al Irsyad Bandung. (Foto: Wordpress)

Baca juga: Bukan Almarhum, Buya Yahya Ungkap Sebutan yang Tepat untuk Orang Meninggal Dunia 

2. Masjid Al Safar

Sejak dibangun pada 2010, masjid yang dibangun di kawasan Rest Area Jalan Tol Cipularang Kilometer 88 ini memang menjadi perbincangan hangat publik karena dianggap sebagai simbol illuminati. Sebab, bentuk bangunannya tidak menyerupai kubah seperti masjid pada umumnya, melainkan segitiga yang memang cukup unik dan dinominasi warna putih.

Meski demikian, masjid tersebut masuk nominasi arsitektur terbaik oleh Abdullatif Al Fozan Award 2019 dari Arab Saudi. Ridwan Kamil mengungkapkan sebenarnya bentuk Masjid Al Safar adalah trapesium, bukan segitiga seperti yang dibicarakan masyarakat.

Kini Masjid Al Safar disebut-sebut menjadi masjid terbesar di Indonesia yang dibangun di rest area. Setidaknya masjid lebih kurang seluas 6.000 meter persegi tersebut sanggup menampung hingga 1.200 jamaah.

Masjid Al Safar karya Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @pilotlieur)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Raya Asmaul Husna yang terletak di Serpong, Tangerang, terlihat sangat mencolok dengan warnanya yang hijau. Menariknya, dinding masjid ini dihiasi ornamen kaligrafi 99 nama Allah Subhanahu wa ta'ala atau yang disebut Asmaul Husna.

Kubahnya berbeda dengan masjid biasanya, yakni berbentuk lengkungan tipis. Tidak hanya itu, bagian menara masjid juga sangat unik karena bentuknya seperti bambu runcing. Lalu ada pula hiasan bintang dan bulan sabit di atasnya sebagai pemanis.

Masjid Raya Asmaul Husna di Serpong karya Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @masjidgraphy)

4. Masjid Terapung Al Jabbar

Masjid megah dan estetik rancangan Ridwan Kamil selanjutnya adalah Masjid Terapung Al Jabbar. Berdiri di lahan seluas 25,99 hektare, masjid ini dibangun dengan konsep terapung di atas embung Gedebage yang memiliki luas 7,2 hektare.

Bangunan masjid ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter serta kapasitas 60 ribu jamaah. Ditargetkan akan rampung tahun ini, Masjid Al Jabbar akan memiliki empat menara yang muncul dari dalam air, area taman, fasilitas untuk difabel, serta museum.

Meski belum selesai seluruhnya, masjid ini digadang-gadang akan menjadi ikon terbaru Kota Bandung. Pasalnya, selain desain arsitektur yang unik, fasilitasnya pun sangat lengkap.

Masjid rancangan Ridwan Kamil ini dibuat tanpa kubah dan memiliki ornamen atap tumpuk berbentuk kerucut.

Masjid Terapung Al Jabbar di Bandung karya Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @aadiditha)

5. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah terletak di tepi Pantai Losari, Kota Makassar. Namanya terinspirasi dari 99 Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah Subhanahu wa ta'ala.

Desainnya terlihat begitu unik dan cantik, disertai warna-warni yang cerah dan mencolok, seperti merah, oranye, dan kuning. Menariknya, ada 99 kubah dari berbagai ukuran menghiasi bagian atas masjid ini. Dengan jumlah tersebut, masjid ini pun disebut sebagai masjid dengan kubah terbanyak.

Masjid rancangan Kang Emil ini dibangun di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) seluas 72 x 45 meter. Bangunan yang dapat menampung 13 ribu jamaah ini terdiri dari tiga area, yakni ruang sholat, ruang mezzanine, dan pelataran suci.

Kini Masjid 99 Kubah menjadi daya tarik bagi masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya hingga menjadi ikon di Kota Makassar.

Wallahu a'lam bisshawab.

Masjid 99 Kubah di Makassar karya Ridwan Kamil. (Foto: Maman Sukirman/Koran Sindo)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini