Share

100 Ulama Bertugas di Masjidil Haram untuk Jawab Pertanyaan Para Jamaah

Hantoro, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 614 2618895 100-ulama-bertugas-di-masjidil-haram-untuk-jawab-pertanyaan-para-jamaah-p6HMARcaUt.jpeg Sebanyak 100 ulama bertugas di Masjidil Haram untuk menjawab pertanyaan para jamaah. (Foto: SPA/Arabnews)

KEPRESIDENAN Umum Urusan Dua Masjid Suci telah menugaskan 100 ulama di Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi, untuk menjawab pertanyaan dari para jamaah haji. Para ulama itu tersebar di 10 lokasi berbeda di dalam Masjidil Haram.

Ke-100 ulama tersebut terdiri dari hakim elite dan anggota fakultas universitas yang dilatih untuk menjawab pertanyaan secara langsung atau melalui telepon. Berada siaga di tujuh stan yang beroperasi sepanjang waktu di Masjidil Haram.

Baca juga: 4 Alasan MUI Tetapkan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal 

Robot ulama bertugas di Masjidil Haram untuk menjawab pertanyaan para jamaah. (Foto: SPA/Arabnews)

"Ditugaskannya para ulama sesuai amanat hasil dokumen Fatwa Dua Masjid Suci dalam melayani ibadah para jamaah haji," ungkap Direktur Jenderal Dakwah dan Bimbingan Masjidil Haram Majid Al Masoudi, sebagaimana dikutip dari Arabnews, Senin (27/6/2022).

Para ulama juga memberi jawaban terkait prosesi haji sesuai fatwa yang sering dikeluarkan. Ini untuk menghindari fatwa yang tidak teratur, menyatukan ijtihad (penalaran independen oleh ahli hukum Islam), serta menghindari ucapan rasis dan kebencian.

Baca juga: Cerita Haru Ahmad Bocah Penghafal Quran: Mau Memakaikan Mahkota untuk Orangtua di Surga 

Para jamaah juga dapat memberikan pertanyaan mereka di mesin-mesin robot yang tersedia di Masjidil Haram. Kepresidenan menawarkan layanan ini di pintu masuk utama area Mataf untuk memanfaatkan teknologi dan kecerdasan buatan (AI).

Robot-robot ini mendukung 11 bahasa untuk memandu jamaah haji dari seluruh negara di dunia. Di antaranya adalah Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, China, Bengali, dan Hausa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Robot-robot itu bisa membimbing jamaah tentang bagaimana melakukan prosesi umrah, mengeluarkan fatwa, menjawab pertanyaan, dan memberikan kesempatan bagi orang untuk berkomunikasi dengan ulama dari jarak jauh.

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci dan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan dipindahkan dengan mudah. Mereka juga memiliki kamera resolusi tinggi untuk kejelasan saat mentransmisikan gambar, headphone resolusi tinggi, dan mikrofon dengan kualitas tangkapan tinggi yang memungkinkan transmisi suara yang jernih.

Baca juga: MUI Apresiasi Polisi Cepat Tangani Kasus Dugaan SARA Holywings: Ini Masalah Serius 

Baca juga: Ada Wabah PMK, Menag Terbitkan Edaran Pelaksanaan Kurban dan Sholat Idul Adha yang Aman 

Robot tersebut bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wi-Fi dengan transmisi data yang cepat dan tinggi.

Inisiatif layanan para ulama serupa diluncurkan oleh kepresidenan selama bulan Ramadhan sebelumnya. Ada 30 ulama yang membantu jamaah menjawab pertanyaan mereka tentang kinerja yang benar dari prosesi umrah serta memberikan fatwa.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini