Share

Amalan yang Membuat Sakaratul Maut Terasa seperti Digigit Semut

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 330 2633510 amalan-yang-membuat-sakaratul-maut-terasa-seperti-digigit-semut-K7IxGroYCp.jpg Ilustrasi amalan yang membuat sakaratul maut terasa seperti digigit semut. (Foto: Shutterstock)

ADA amalan yang membuat sakaratul maut terasa seperti digigit semut. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA dalam sebuah tausiyahnya.

Ia mengatakan, sakaratul maut pasti menghampiri setiap insan di dunia. Manusia tidak tahu kapan dan di mana takdir dirinya akan meninggal dunia, dan pasti akan merasakan sakaratul maut.

Baca juga: 5 Fakta Larangan Merokok di Madinah, Pengumuman Sudah Ditempel hingga Denda Rp800 Ribu 

Ustadz Khalid Basalamah pun menyarankan kaum Muslimin untuk melakukan amalan yang membuat sakaratul maut seperti digigit semut. Amalan supaya mendapat sakarataul maut yang ringan dan tidak merasakan kesakitan besar.

Ketika waktu kematian tiba, kata dia, Malaikat Izrail akan mencabut nyawa seseorang. Proses mencabut nyawa seseorang oleh malaikat maut ini disebut sebagai sakaratul maut.

Info grafis keutamaan baca Surah Al Kahfi pada malam Jumat. (Foto: Okezone)

"Sesungguhnya mati itu punya sakarat. Apa itu sakarat? Sakarat adalah detik-detik yang menegangkan saat menunggu, karena tidak tahu kapan datangnya," kata Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari kanal YouTube Al Haqq Dakwah Portal, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Telur atau Ayam Duluan? Abu Nawas Kasih Jawaban Cerdas, Raja Terpaksa Beri Hadiah 

Ketika malaikat maut akan mencabut nyawa, orang tersebut akan mengalami sakaratul maut yang sangat menyakitkan dengan rasa sakit yang belum pernah dialami sebelumnya.

Namun, bisa juga sakaratul maut terasa hanya seperti digigit semut. Keringanan ini diberikan kepada seseorang yang rutin melakukan amalan tertentu semasa hidup.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Khalid Basalamah mengungkapkan yang dimaksud, yakni orang-orang yang melakukan amalan salih. Mereka yang mati syahid tidak akan merasakan pedihnya sakaratul maut.

"Sabda Nabi Shallallahu alaihi wassallam yang lain, orang beriman itu kalau meninggal, dia tidak merasakan keluar ruhnya kecuali seperti gigitan semut," ucap Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini: Menghapus Dosa, Mencegah Siksa Kubur 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 21 Juli 2022M/21 Dzulhijjah 1443H 

Proses sakaratul maut orang beriman hanya merasakan sakit yang ringan. Berkat amalan itulah, maka ketika sakaratul maut, seseorang yang mati syahid di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala merasakan hanya seperti digigit semut.

"Ada hadis lain juga yang berbunyi kalau orang beriman meninggal dunia, ruhnya akan keluar lebih mudah daripada air dari mulut kendi," pungkas Ustadz Khalid Basalamah.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini