Share

6 Istimewanya Amalan Ayat Kursi Bakda Sholat, Ampuh Mengusir Setan

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 330 2635802 6-istimewanya-amalan-ayat-kursi-bakda-sholat-ampuh-mengusir-setan-lKQeS78lf5.jpg Ilustrasi istimewanya amalan Ayat Kursi bakda sholat. (Foto: Shutterstock)

ISTIMEWANYA amalan Ayat Kursi membawa berkah dan hidayah dalam kehidupan. Sangat dianjurkan untuk membacanya setelah sholat lima waktu.

Ayat Kursi merupakan bagian dari Surat Al Baqarah Ayat 225 yang memiliki kedudukan tinggi. Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda Ayat Kursi memiliki keistimewaan dalam Kitabullah.

Baca juga: Kisah Pria Jadi Mualaf Setelah Kenal Islam dari Pemuka Agama hingga Rasakan Nikmatnya Sholat Jumat 

Bagi yang membaca dan mengamalkan Ayat Kursi mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari niscaya mendapat manfaat yang sangat dahsyat.

Berikut bacaan dari ayat kursi beserta artinya:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS Al Baqarah: 255)

Baca juga: Dapat Hidayah, TikTokers Cantik Ini Yakin Jadi Mualaf hingga Kenakan Hijab Syari 

Istimewanya Amalan Ayat Kursi

Istimewanya amalan ayat kursi sangat luar biasa jika diamalkan setiap hari. Berikut ini enam di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun:

1. Pembuka pintu hikmah dan rezeki

Istimewanya amalan Ayat Kursi yang dibaca 18 kali dalam sehari membuka pintu rezeki seluas-luasnya. Selain itu dengan membacanya akan menaikkan derajat di dunia maupun akhirat.

2. Ayat Paling Agung

Daalam hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي – صلى الله عليه وسلم – سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال” ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ

Artinya: "Dari Ubay bin Ka'ab, sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, 'Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.' Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, 'Ayat kursi.' Maka beliau mengatakan, 'Selamat bagi Anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu Anda. Demi yang jiwaku yang ada di tangan-Nya. Sesungguhnya (Ayat Kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para malaikat di kaki Arsy'." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Penghulu Alquran

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya, "Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Alquran adalah Surat Al Baqarah. Dan di dalam Surat Al Baqarah ada ayat yaitu penghulu ayat-ayat Alquran, di alah Ayat Kursi."

4. Memudahkan sakaratul maut

Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang tidak akan membiarkan hamba-Nya dalam kesulitan. Dengan membaca ayat suci Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala akan memudahkan manusia dalam sakaratul maut.

5. Membawa keberkahan

Bacalah Ayat Kursi setiap saat niscaya segala pintu kemenangan akan terbuka lebar dan Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan banyak kemudahan. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Barang siapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka delapan pintu surga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilakan."

6. Mengusir setan

Dalam kitab Mustadrak, Imam Hakim mengatakan:

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنِي حَكِيمُ بْنُ جُبَير الْأَسَدِيُّ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "سُورَةُ الْبَقَرَةِ فِيهَا آيَةٌ سَيِّدَةُ آيِ الْقُرْآنِ لَا تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ فِيهِ شَيْطَانٌ إِلَّا خَرَجَ مِنْهُ! آيَةُ الْكُرْسِيِّ".

"Telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Hamsyad, telah menceritakan kepada kami Bisyr ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Al-Humaidi, telah menceritakan kepada kami Sufyan, telah menceritakan kepadaku Hakim ibnu Jubair Al-Asadi, dari Abu Saleh, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda: Surat Al Baqarah di dalamnya terdapat sebuah ayat, yaitu penghulu semua ayat Alquran. Tidak sekali-kali ia dibaca di dalam sebuah rumah yang ada setannya, melainkan setan itu pasti keluar darinya, yaitu Ayat Kursi."

Demikianlah istimewanya amalan Ayat kursi jika dibacanya setiap hari, terutama bakda sholat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini