Share

Wapres Kenang Habib Zein bin Smith: Ulama yang Jadi Teladan di Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 614 2647110 wapres-kenang-habib-zein-bin-smith-ulama-yang-jadi-teladan-di-indonesia-aTOO6gpEOi.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin turut berbelasungkawa atas wafatnya Habib Zein bin Umar bin Smith. (Foto: Dok Biro Pers Setwapres)

WAKIL Presiden KH Ma'ruf Amin mengenang Habib Zein bin Umar bin Smith yang meninggal dunia pada Rabu 10 Agustus 2022 Masehi. Wapres mengatakan bahwa ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Pusat Rabithah Alawiyah itu adalah sosok ulama yang sangat patut dijadikan panutan.

"Saya ingin menyampaikan belasungkawa, telah meninggal Habib Zein bin Smith," ungkap Wapres KH Ma'ruf Amin dalam keterangan resminya usai membuka acara One Pesantren One Product di Kalimantan Selatan, Kamis 11 Agustus 2022.

Baca juga: Kabar Duka, Habib Zen bin Umar bin Smith Meninggal Dunia 

Wapres KH Ma'ruf Amin turut berbelasungkawa atas wafatnya Habib Zein bin Umar bin Smith. (Foto: Istimewa/nu.or.id)

Lebih jauh Wapres juga mengenang Habib Zein sebagai seorang sosok ulama kharismatik dan luwes dalam bergaul, serta memiliki jiwa nasionalisme tinggi.

"Beliau memang sangat luwes bergaul dan sangat NKRI sekali dan bekerja sama dengan pemerintah, membantu pemerintah, dan beliau bahkan juga masuk di dalam pengurus Mustasyar atau penasihat dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama," papar Wapres, dikutip dari nu.or.id.

Baca juga: Hukum Tajwid Surat Ar-Ra'd Ayat 28, Mari Dipahami agar Lebih Tepat Membacanya 

"Pergaulannya luas sekali, pandangannya jernih dan pikiran-pikirannya sangat moderat. Ulama yang sangat toleran di dalam pergaulannya. Saya kira beliau adalah ulama yang patut menjadi teladan di Indonesia," imbuhnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Wapres juga mengungkapkan kedekatannya dengan Habib Zein bin Umar bin Smith yang telah terjalin lama, baik dalam lingkup formal maupun nonformal. Mengenang perjalanan tersebut, Wapres kembali mengutarakan belasungkawa atas wafatnya salah satu ulama terbaik Indonesia ini.

Baca juga: Bacaan Surat An-Nas di Alquran Digital Okezone Lengkap Tafsirnya: Melindungi dari Godaan Setan 

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi: Membuka Rezeki, Menyelamatkan dari Siksa Kubur dan Neraka 

"Saya sangat dekat sekali, sebab setiap ada acara Rabithah Alawiyah, saya selalu diundang, baik acara yang formal maupun dalam arti kita berbicara dari hati ke hati. Jadi saya sangat mengenal beliau," cerita Wapres.

"Beliau ini ulama yang sangat disegani, yaitu pimpinan para habaib-habaib itu. Beliau dulu ketuanya (Rabithah Alawiyah) dan sekarang ketua Dewan Syuro-nya, penasihatnya. Jadi saya ingin mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini