Share

Gara-Gara BAB di Kali, Abu Nawas Divonis Hukuman Mati, Apes Banget!

Hantoro, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2022 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 614 2649697 gara-gara-bab-di-kali-abu-nawas-divonis-hukuman-mati-apes-banget-eMdjRt5gH2.jpg Ilustrasi kisah Abu Nawas dijatuhi vonis hukuman mati gara-gara BAB di kali. (Foto: Istimewa/Okezone)

GARA-gara buang air besar (BAB) di kali, Abu Nawas dijatuhi vonis hukuman mati. Apes banget sih! Kira-kira apa ya alasan Baginda Raja memberikan hukuman sangat berat itu?

Ceritanya diawali ketika Abu Nawas bersama Raja menjelajahi hutan belantara di negerinya. Saat itu Raja mengajak Abu Nawas mengawal dirinya.

 

Selama perjalanan ke hutan, Abu Nawas, Raja, dan beberapa pengawal menyusuri sungai. Raja mengingatkan kepada Abu Nawas dan para pengawalnya soal undang-undang kebersihan lingkungan.

Salah satu pasal undang-undang tersebut berisi, "Dilarang buang air besar di sungai kecuali Raja atau seizin Raja." Pelanggaran atas pasal ini adalah hukuman mati. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Di tengah pengembaraannya di hutan, Raja kebelet buang air besar. Dikarenakan di dalam hutan, Raja BAB di sungai yang airnya mengalir ke arah utara.

Ketika Raja buang air besar, Abu Nawas ikut BAB juga di sebelah selatan Raja. Begitu Raja melihat ada kotoran lain selain kotorannya, dia langsung marah. Belakangan diketahui yang buang hajat adalah Abu Nawas.

BACA JUGA:Pakai Secarik Surat, Abu Nawas Bikin Imam Syafii Nangis Sejadi-jadinya 

Demi hukum, Abu Nawas dibawa ke pengadilan. Ia divonis hukuman mati. Sebelum hukuman dilaksanakan, Abu Nawas diberi kesempatan membela diri.

"Raja yang mulia, saya rela dihukum mati, tapi saya akan sampaikan alasan kenapa ikut buang air besar bersama Raja," ucap Abu Nawas, dikutip dari nu.or.id

"Itu adalah bukti kesetiaanku kepada Raja, karena sampai kotoran Raja pun harus aku kawal dengan kotoranku, itulah pembelaanku dan alasanku Raja. Hukumlah aku," imbuhnya.

Tidak pelak, pleidoi tersebut membuat Raja terharu. Abu Nawas yang tadinya divonis mati, lalu diampuni dan malah diberi hadiah oleh Baginda Raja.

Wallahu a'lam bisshawab.


1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini