Share

8 Kisah Meninggal ketika Ibadah di Masjid: Saat Sholat hingga Memimpin Pengajian

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 614 2668887 8-kisah-meninggal-ketika-ibadah-di-masjid-saat-sholat-hingga-memimpin-pengajian-dFm9weQbUY.jpg Ilustrasi meninggal dunia di masjid. (Foto: Shutterstock)

MENINGGAL dunia adalah suatu keniscayaan bagi setiap makhluk hidup di dunia. Tidak ada makhluk yang tahu kapan ajal akan menjemput, hanya Allah Subhanahu wa ta'ala yang menentukannya.

Seperti kabar sejumlah alim ulama atau ustadz/ustadzah meninggal dunia dalam kondisi sedang beribadah. Ini sebagaimana kebiasaan mulia yang mereka kerjakan sehari-hari dalam meraih ridho Allah Subhanahu wa ta'ala.

BACA JUGA:ย Viral Ustadzah Taslimah Meninggal saat Pimpin Pengajian, Netizen: Allah Menjemput dengan Keindahan Luar Biasaย 

Dikutip dari Firanda.com, seseorang bisa meninggal sesuai kebiasaannya sebagaimana sabda Nabi Shallahu 'alaihi wa sallam. Beliau berkata:

ูŠูุจู’ุนูŽุซู ูƒูู„ูู‘ ุนูŽุจู’ุฏู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

"Setiap hamba akan dibangkitkan berdasarkan kondisi meninggalnya." (HR Muslim nomor 2878)

Berkata Al Munaawi:

ุฃูŽูŠู’ ูŠูŽู…ููˆู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุนูŽุงุดูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽูŠูุจู’ุนูŽุซู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ

"Yaitu, ia meninggal di atas kehidupan yang biasa ia jalani dan ia dibangkitkan di atas hal itu." (At-Taisiir bi Syarh Al Jaami' As-Shogiir 2/859)

Nah, berikut ini ulama-ulama atau ustadz/ustadzah yang meninggal dunia dalam keadaan beribadah kepada Allah Azza wa Jalla, sebagaimana telah Okezone himpun.ย 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

BACA JUGA:ย Viral Pria Yaman Umrah untuk Ratu Elizabeth II, Begini Hukumnya dalam Islamย 

1. Sunan Kudus

Dalam kisah sejarah diungkapkan Sunan Kudus meninggal dunia saat menjadi imam Sholat Subuh di Masjid Menara Kudus pada tahun 1550. Ia wafat dalam posisi sujud, dimakamkan di lingkungan Masjid Menara Kudus.

Diketahui bahwa Sunan Kudus adalah putra Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji dengan Syarifah Ruhil atau Dewi Ruhil yang bergelar Nyai Anom Manyuran binti Nyai Ageng Melaka binti Sunan Ampel.

Sunan Kudus merupakan keturunan ke-24 dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Nama lengkapnya adalah nama Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan. Ia lahir pada 9 September 1400 Masehi/808 Hijriah. Wallahu a'lam bisshawab.ย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Izhar Wicksana

Seorang Pria bernama Izhar Wicksana meninggal dunia ketika tengah melakukan sholat berjamaah di Masjid Al Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa 13 Juni 2017. Dalam rekaman kamera CCTV masjid, Izhar terlihat sedang sujud hingga sholat berakhir.

Jamaah yang berada di sebelahnya mengatakan bahwa Izhar sempat terjatuh pada rakaat pertama, namun dia masih berusaha duduk dan menyelesaikan sholat walau dengan kondisi yang sudah lemah. Tapi pada saat rakaat kedua, Izhar sudah tidak bangkit lagi dari sujudnya.

Seusai sholat, para jamaah langsung menghampiri untuk mengetahui kondisi Izhar. Pihak keluarga kemudian membawa Izhar ke rumah sakit untuk memberikan pertolongan. Namun, Izhar tidak dapat tertolong dan mengembuskan napas terakhir.

3. Ustadz Kholik Sufyan

Seorang khatib bernama Ustadz Kholik Sufyan meninggal dunia saat tengah memberikan khotbah Sholat Jumat pada Jumat 16 Februari 2018. Ia kala itu bertugas menjadi khatib pengganti di Masjid Al Falah, Jurang Mangu, Tangerang, Banten.

Terlihat dari unggahan video akun Instagram @shella_12ahma, Ustadz Kholik yang kondisinya dapat berdiri tegak sempat menunduk dan langsung jatuh ketika masih berada di atas mimbar.

Seluruh jamaah kaget dan coba memberi pertolongan pertama lalu membawanya ke Rumah Sakit Premier Bintaro. Namun saat di perjalanan, beliau mengembuskan napas terakhir.

4. Haji Kaimin

Haji Kaimin seorang muadzin di Mushola Al Muhajirin, Cakung, Jakarta Timur, tiba-tiba tersungkur lalu meninggal dunia saat melantunkan azan subuh pada hari Ahad 25 Februari 2018. Kabarnya pun mendadak viral di seantero Tanah Air.

Saat itu suasana di dalam mushola masih kosong karena beberapa jamaah Sholat Subuh tengah berada di luar masjid. Tepat saat lafal "Assalatu khairum minannaum" yang pertama, pria yang juga bertugas sebagai marbot itu jatuh dan membuat jamaah mushola berlarian untuk melihat kondisinya serta memberi pertolongan.

5. Haji Damis

Seorang pria paruh baya bernama Haji Damis, warga Kelurahan Menge, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, meninggal dunia saat tengah memberikan infak masjid.

Kala itu Haji Damis dan istrinya tengah melakukan perjalanan untuk mengunjungi anaknya di Kabupaten Bone. Keduanya sengaja singgah di Masjid Jami Mujahidin, Desa Pallawarukka, Kecamatan Pammana, untuk menunaikan Sholat Magrib.

Setelah sholat, Haji Damis menghampiri kotak infak. Namun saat sedang memasukkan uang ke kotak, dirinya jatuh dan langsung meninggal dunia. Jasadnya kemudian dibawa ke rumah duka dengan mobil ambulans dan pengawalan polisi.ย 

6. Ustadz Syaepuddin Zuhriย 

Ustadz Yusuf Mansur dalam unggahan video viral melalui akun media sosial Instagram-nya mengabarkan tentang peristiwa sahabatnya Ustadz Syaepuddin Zuhri yang wafat ketika sedang menjadi imam Sholat Subuh di Masjid Sakinah Warrahmah, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu 27 Juni 2020.

"Ust Syaepuddin Zuhri, ngimamin sholat shubuh, wafat. Allaahu Akbar...!! Lagi baca QS Al Mu'minuun ayat 4. Ini Masjid Sakinah Warrahmah. Saya pernah ke sana. Bareng alm KH Arifin Ilham," jelas UYM.

"Ngiri bener. Yaa Rabb... Sebelum wafat, Beliau kata Ust Haji Barkah, dan saksi mata, sempet istighfar 3x... Yaa Allah, wafatkan kami dlm keadaan mulia dan husnul khatimah," imbuhnya.

7. OC Sumantoย 

Seorang pria bernama OC Sumanto meninggal dunia ketika sedang sholat di Masjid Jami Al Mujahidin, Jalan H Sulaiman, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Jumat 22 April 2022.

Sebagaimana unggahan viral di akun Instagram @infopetukangan, dijelaskan bahwa Bapak OC Sumanto, ketua RT 03 RW 01, Petukangan Utara, sedang melakukan sholat sunnah.

Kala itu ia mengenakan baju batik dengan kain sarung dan peci. Ketika dalam posisi duduk di antara dua sujud, saat ketika hendak kembali sujud, dia terjatuh.

Sontak jamaah lainnya yang berada di sekitar Bapaka OC Sumanto kaget. Mereka langsung menghampiri dan memberi pertolongan.

8. Ustadzah Taslimah

Viral seorang ustadzah bernama Hajah Taslimah (65) meninggal dunia saat memimpin pembacaan doa khataman Alquran. Peristiwa ini terjadi di Masjid Al Barkah Assyafiiyah, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis 15 September 2022, pukul 07.45 WIB.

Dalam video viral yang beredar, terlihat Ustadzah Taslimah yang berkacamata, berkerudung warna pastel, dan berbaju ungu itu sedang membacakan ayat-ayat Surat Al Baqarah di depan anggota majelis taklim.

Ketika memimpin zikir, kondisi Ustadzah Taslimah tampak sehat dan lancar. Namun selang beberapa menit, ia terjatuh dan tampak beberapa ibu yang berada di sampingnya berusaha menolong.

"Astaghfirullah, astaghfirullah," demikian suara ibu-ibu jamaah, dikutip dari unggahan Instagram @sahabatsurga.

Wallahu a'lam bisshawab.ย 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini