Share

Simak! Ini Amalan Sunnah di Hari Kamis yang Bisa Membuka Pintu Surga

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 330 2672459 simak-ini-amalan-sunnah-di-hari-kamis-yang-bisa-membuka-pintu-surga-xKuF5YnEEj.jpg Ilustrasi amalan sunnah di hari Kamis pembuka pintu surga. (Foto: Shutterstock)

DAI Muda Nahdlatul Ulama (NU) Ustadz Muhammad Najmi Fathoni mengatakan di antara amal ibadah yang memiliki keutamaan sangat besar pada hari Kamis adalah puasa sunnah. Bahkan, bisa membuka pintu surga bagi Muslimin yang mengerjakannya.

"Mengenai keutamaan puasa Senin dan Kamis, ada hadis juga yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebut berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala pada hari Senin dan Kamis," ujar Ustadz Najmi saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:2 Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah, Lengkap dan Mudah Dihafal 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa." (HR Tirmidzi; shahih lighairihi)

BACA JUGA:Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Teks Arab Latin, Maknanya, Baca Setiap Malam Jumat 

Selain itu, lanjut Ustadz Najmi, bagi kaum Muslimin yang melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis terdapat manfaat lain yang sangat banyak. Salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, hari Kamis juga waktu dibukanya pintu surga. Hal ini menunjukkan betapa mulianya hari tersebut, dan beruntungnya bagi orang-orang yang berpuasa sunnah pada waktu itu. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan." (HR Muslim)

Wallahu a'lam bisshawab.

BACA JUGA:Surat Al Kahfi Baca Setiap Jumat Berkah Lengkap Teks Arab, Latin, Tafsirnya di Alquran Digital Okezone 

BACA JUGA:Sunah-Sunah di Hari Jumat, Nomor 8 Belum Banyak diketahui: Larangan saat Menyimak Khotbah! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini