Share

Indahnya Masjid Al Falah Singapura, Berada di Pusat Kota dan Jadi Kebanggaan Kaum Muslimin

Adi Haryanto, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 615 2672565 indahnya-masjid-al-falah-singapura-berada-di-pusat-kota-dan-jadi-kebanggaan-kaum-muslimin-lLh3zx2Hpd.jpg Masjid Al Falah Singapura yang berada di Orchard Road. (Foto: Adi Haryanto/MPI)

WARGA Muslim di Singapura tidak dibuat pusing ketika hendak menunaikan kewajiban sholat lima waktunya. Pasalnya, sejumlah masjid besar dan dan kecil cukup banyak dijumpai di negara yang penduduknya terdiri dari berbagai macam etnis ini.

Seperti keberadaan salah satu masjid yang berada di Orchad Road yakni Masjid Al Falah Singapura. Ini menjadi salah satu tempat bagi warga Muslim ataupun pekerja di kawasan tersebut untuk menunaikan sholat berjamaah setelah adzan berkumandang.

BACA JUGA:Viral Wanita Non-Muslim Berpakaian Mini Masuk Masjid dan Ikut Sholat, Ending-nya Bikin Takjub 

Masjid Al Falah Singapura di Orchard Road. (Foto: Adi Haryanto/MPI)

Selain sholat berjamaah, Masjid Al Falah Singapura juga menjadi tempat bagi mereka yang ingin menunaikan zakat, sedekah, maupun infak. Biasanya pada hari Jumat aktivitas di masjid yang dibangun pada tahun 1987 ini lebih ramai. Terlebih lagi saat tiba bulan Ramadhan, jamaah yang datang sangat banyak.

"Biasanya warga atau orang kantoran yang kerja di sekitar sini (Orchad Road) sholat di masjid ini, sebab masjid satu-satunya dan terbesar di blok ini," kata warga Singapura bernama Dani Sulaimi (32) kepada MNC Portal Indonesia, Rabu 21 September 2022.

BACA JUGA:Menangis Peluk Tiang Masjid, Preman Paling Ditakuti Ini Mantap Jadi Mualaf 

Masjid Al Falah yang berada di Lantai 1 Nomor 1 Cairnhill Place, Orchad Road, ini memang cukup dikenal oleh warga Muslim Singapura. Bahkan bagi warga negara Indonesia, masjid ini terasa berada di negara sendiri, sebab ada interior jam yang didermakan oleh Haji Sobirin bin Haji Zakaria dari Palembang, Indonesia, pada 20 Maret 2013 atau bertepatan 8 Jumadil Awal 1443 Hijriah.

Interior di dalam masjid juga cukup mewah, seperti tulisan kaligrafi di bagian dinding depan, lokasi sholat antara laki-laki dan perempuan yang terpisah, hingga tempat wudu yang sangat bersih. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun berbeda dengan di Indonesia, karena berada di kawasan ikonik dan bersatu dengan hunian serta pusat perbelanjaan, maka masjid ini tidak memiliki kubah.

Berdasarkan catatan sejarah singkat yang ditempel di dinding masjid, tempat ibadah ini sudah dibuka sejak tahun 1987. Masjid ini didirikan oleh komunitas pekerja Muslim yang tinggal atau berkunjung ke Orchad Road.

Arti dari Al Falah sendiri mengambil dari bahasa arab yang memiliki makna "Sukses". Masjid ini sempat direnovasi, kemudian dibuka lagi untuk umum.

"Sebagai muslim dan warga Singapura, saya sangat bangga dengan keberadaan Masjid Al Falah, sebab jadi salah satu ikon tempat ibadah di kawasan ini," ujar Dani. 

Dia menuturkan, setiap hari ketika waktu sholat tiba, dirinya berusaha menyempatkan sholat di Masjid Al Falah secara berjamaah.

Tidak mengherankan jika setiap tiba waktu sholat, satu hingga dua shaf (barisan) bisa terisi jamaah, seperti ketika waktu siang bertepatan dengan jam istirahat dan waktu petang saat jam pulang pekerja.

"Saya selalu ke masjid itu sholat jamaah. Kalau lagi sibuk paling agak telat dan harus minta izin atasan dulu untuk sebentar sholat," pungkasnya. 

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini