Share

Terungkap! Ini Surat yang Bisa Menghindari Fitnah Dajjal

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 330 2679226 terungkap-ini-surat-yang-bisa-menghindari-fitnah-dajjal-6EZ9Y0Ld4G.jpg Ilustrasi surat Alquran yang bisa menghindari fitnah dajjal. (Foto: Shutterstock)

ADAKAH surat yang bisa menghindari fitnah dajjal? Ternyata ada, dan diajarkan untuk rutin dibaca. Apa surat itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Diketahui bahwa fitnah dajjal sangat keji dan dapat merusak iman. Menjelang akhir zaman, fitnah dajjal muncul untuk memengaruhi seluruh umat manusia di dunia.

BACA JUGA:Surat Al Kahfi Lengkap Bacaan Arab, Latin, Tafsir, Diamalkan Setiap Malam Jumat 

Barang siapa yang tidak beriman kuat bisa terkena fitnah dajjal. Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim, harus mempersiapkan diri dengan mengerjakan amal ibadah secara istikamah, termasuk membaca surat-surat Alquran untuk menghindari dasyatnya fitnah dajjal.

Dilansir nu.or.id, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan umat Islam membaca Surat Al Kahfi setiap malam Jumat hingga batasnya hari Jumat sore keesokannya.

Alasannya, hari Jumat merupakan Sayyidul Ayyam atau hari istimewa yang dianjurkan meningkatkan dan memperbanyak ibadah seperti sholawat, dzikir, bersedekah, tahlil, membaca Alquran, dan sejenisnya.

BACA JUGA:8 Sunnah di Hari Jumat: Baca Surat Al Kahfi hingga Larangan ketika Menyimak Khotbah 

Sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: "Sebaik-baiknya hari di mana sang surya menyinarinya adalah hari Jumat. Pada hari Jumat, Nabi Adam Alaihissallam diciptakan, dimasukkan ke surga, dan dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ada banyak keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat ataupun malam Jumat sebagaimana dijelaskan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, yakni:

Pertama, Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan cahaya dan pengampunan dosa kepada mereka yang membaca Surat Al Kahfi sampai hari Jumat berikutnya.

Kedua, para malaikat memintakan rahmat sampai waktu subuh sehingga Allah Subhanahu wa ta'ala menjauhkan mereka yang membaca Surat Al Kahfi dari penyakit, terhindar fitnah dajjal, dan tipu daya setan.

Ketiga, Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan ketenteraman hidup kepada para pembaca Surat Al Kahfi.

Hal ini juga ditegaskan oleh Ibnu Umar yang mengatakan bahwa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat akan diberi cahaya dan diampuni dosanya di antara dua Jumat. Ia meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ سُطِعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عِنَانِ السَّمَاءِ، يَضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَغُفِرَ لَهُ مَابَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan diberi cahaya dari bawah kakinya hingga langit yang meneranginya hingga hari kiamat serta diampuni dosanya di antara dua Jumat." (HR Ibnu Mardawih. Lihat Tafsir Ibnu Katsir: IIII/70)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini