Share

Masya Allah! Masjid Ini Jadi Percontohan Ramah Lingkungan Berkat Gerakan Sedekah Sampah

Hantoro, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 614 2693388 masya-allah-masjid-ini-jadi-percontohan-ramah-lingkungan-berkat-gerakan-sedekah-sampah-sbtZPlepzf.jpg Masjid Raya Bintaro Jaya mendapat predikat ramah lingkungan berkat gerakan sedekah sampah. (Foto: Facebook MRBJ Tangsel)

DI Indonesia ternyata ada masjid yang sangat ramah lingkungan. Ya, masjid tersebut adalah Masjid Raya Bintaro Jaya di Tangerang Selatan, Banten.

Dikutip dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), masjid ini punya cara unik untuk menjadi masjid ramah lingkungan. Mereka memiliki program eco masjid dalam mewujudkan masjid ramah lingkungan.

BACA JUGA:Penuh Tangis! Apoteker Cantik Ini Ucap Syahadat Setelah Lihat Umat Islam Rajin Ibadah di Masjidย 

Ilustrasi sedekah sampah. (Foto: mui.or.id)

Ada empat program dalam program eco masjid, mulai menghemat air, sumur resapan, pembangunan landscape, hingga pengelolaan sampah.

Diksi sedekah sampah sebenarnya hanya slogan atau nama program karena dari sudut pandang agama, segala sesuatu yang disedekahkan adalah sesuatu yang berharga. Bahkan, Islam mengajarkan menyedahkan apa yang paling dicintai.

"Inti dari program GGS ini adalah eco masjid pengelolaan sampah," ujar Pembina Masjid Raya Bintaro Jaya Bambang Supriyadi, Rabu 19 Oktober 2022.

BACA JUGA:6 Fakta Ukiran Ayat Alquran Selamat dari Kebakaran di Masjid JIC, Tidak Kena Kobaran Api Sama Sekaliย 

Ia menyampaikan, program sedekah sampah di masjid ini dilaksanakan oleh para remaja. Mereka terdiri dari 60 orang dan diharapkan bisa menjadi bagian dari regenerasi kepemimpinan masjid di masa mendatang.

"Hasil gerakan sedekah sampah ini dimanfaatkan remaja untuk program Sahabat Qurโ€™an (Saqura). Nantinya akan ada proses belajar mengajar dan tahsin (memperbaiki bacaan) Alquran kepada anak-anak," ungkapnya.ย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Meskipun terlihat sederhana, pengelolaan gerakan sedekah sampah ini membutuhkan usaha lebih. Pengurus dan remaja masjid perlu mengupayakan manajemen masjid yang konsisten serta kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

"Usaha-usaha itu untuk meningkatkan atau memberikan nilai tambah pada program GSS ini," ujarnya.

Selain itu, ada aturan penting dalam program ini. Setiap warga diwajibkan memilah sampah ke dalam tiga jenis kantong atau kotak sampah.

Ketentuannya, warna kuning khusus untuk botol plastik, coklat untuk kertas kardus atau karton, dan warna merah untuk sampah plastik.

"Kita berharap melalui gerakan ini masjid bisa menjadi agen perubahan," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab.ย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini