Share

Perbedaan Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim Beserta Maknanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 330 2718359 perbedaan-astagfirullah-dan-astagfirullahaladzim-beserta-maknanya-XpsXHfSEB1.jpg Ilustrasi perbedaan Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim. (Foto: Shutterstock)

PERBEDAAN Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim sangat menarik diketahui. Ketika terkejut hingga mendengar sesuatu yang mencengangkan, umumnya setiap Muslim akan mengucapkan kalimat Lillah yaitu Astagfirullah atau Astagfirullahaladzim. Bacaan tersebut sebagai tanda istighfar, yakni selalu mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam kondisi apa pun.

Namun tahukah Anda bahwa Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim memiliki makna berbeda? Meskipun terlihat serupa jika diperhatikan, ternyata ada perbedaannya, sehingga artinya pun beda, namun tujuannya sama.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 1 Desember 2022M/7 Jumadil Awal 1444H 

Sebagaimana telah Okezone himpun, terdapat perbedaan arti pada dua kalimat istighfar tersebut. Astaghfirullah artinya "Aku mohon ampun kepada Allah", sementara Astagfirullahaladzim yang berarti "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung".

Lebih lanjut perbedaan kalimat Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim terletak dari kalimat "Al-Adzim". Kalimat Al-Adzim merupakan na'at atau sifat dari kalimat Allah yang memiliki arti "Yang Maha Agung".

BACA JUGA:Selalu Ingat Allah, Pria Gangguan Jiwa Ini Sholat di Tengah Jalan 

Adapun keutamaan istighfar setiap kali membacanya, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Allah telah berkata, 'Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang aku jaga, maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni, dan barang siapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosanya, maka akan mengampuni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (seberapa banyak dosanya)'." (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan membaca istighfar merupakan salah satu bentuk kepasrahan seorang Muslim, sekaligus mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala ketika sedang terjadi sesuatu dalam diri, termasuk saat jiwa merasa tidak tenang.

"Membaca istighfar dapat membuat hati lebih tenang, dan sebagai pengingat agar kita selalu berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," katanya saat dihubungi Okezone.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini