Share

Melihat Madain Shaleh, Kota yang Dilarang Dikunjungi oleh Nabi Muhammad

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2023 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 615 2747867 melihat-madain-shaleh-kota-yang-dilarang-dikunjungi-oleh-nabi-muhammad-qel2EtTm1K.jpg Madain Shaleh kota yang diperintahkan untuk dijauhi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Istimewa/Flickr/Atlas Obscura)

MADAIN Shaleh adalah kota dulu dijauhi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Kota ini disebut-sebut sebagai tempat terkutuk yang dihuni kaum Tsamud.

Bangsa Tsamud durhaka kepada ajaran Nabi Shaleh Alihissallam yang diutus Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagai hukumannya, Allah Ta'ala menghancurkan kota itu dan orang-orangnya binasa seketika.

BACA JUGA:Viral Bocah Salah Orangtua Sampai Minta Disuapin Makan, Subhanallah Netizen Tertawa Semua 

Sebagaimana telah Okezone himpun, Madain Shaleh disebut juga dengan Al Hijr atau Hegra. Ini menjadi salah satu kota terkutuk yang diabadikan dalam Alquran. Disebut terkutuk karena kota tersebut pernah diazab Allah Subhanahu wa Ta'ala akibat warganya menyembah berhala dan ingkar kepada Nabi Shaleh Alaihissallam.

Madain Shaleh lokasinya berada dekat situs Al Ula, sekarang masuk Provinsi Madinah, Arab Saudi. Dikarenakan punya nilai sejarah tinggi, Hegra atau Madain Shaleh diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2008. 

Madain Shaleh kota yang diperintahkan untuk dijauhi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Istimewa/Lonely Planet)

Madain Shaleh pernah berjaya dan mencapai kemajuan pesat. Bangsa Tsamud yang dikenal cerdas membangun kota itu dengan arsitektur megah. Mereka juga sangat sukses dengan pertanian, peternakan, hingga perdagangan.

Namun, bangsa Tsamud punya akhlak yang buruk dan tidak mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mereka terlena dengan kesombongan. Gaya hidupnya penuh foya-foya, mabuk-mabukan, berzina, hingga melakukan tindak kejahatan.

BACA JUGA:Viral Anak Tukang Sol Sepatu Khusyuk Sholat di Pinggir Jalan meski Pakai Mukena Plastik 

Hingga akhirnya Allah Azza wa Jalla mengutus Nabi Shaleh Alaihissallam untuk mengajak kaum Tsamud beriman kepada Allah Ta'ala, meninggalkan menyembah berhala dan segala kemaksiatan. Sebagaimana tertulis dalam Alquran Surat Hud Ayat 61.

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ

Artinya: "Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shaleh. Shaleh berkata: 'Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)'." (QS Hud: 61) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Tapi, ajakan tobat dari Nabi Shaleh Alaihissallam tidak dihiraukan kaum Tsamud. Mereka meremehkan dakwah Nabi Shaleh. Kaum Tsamud justru menantang Nabi Shaleh agar mengeluarkan unta betina dari balik gunung.

Nabi Shaleh dengan mukjizat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala berhasil mengeluarkan unta dari balik gunung, kemudian menyerahkan ke kaumnya agar menjaga unta itu. Tapi kaum Tsamud durhaka, mereka malah menyembelih unta itu.

Dikarenakan segala perintah dan ajaran Nabi Shaleh Alaihissallam tidak ada yang mereka taati, akhirnya Allah Subhanahu wa Ta'ala murka kepada kaum Tsamud. Allah Ta'ala menurunkan azab-Nya berupa gempa bumi dahsyat dan petir yang menghancurkan Madain Shaleh serta membinasakan kaum Tsamud.

Lenyaplah segala peradaban bangsa Tsamud. Sekarang sisa kejayaan mereka masih terlihat dari bangunan-bangunan kota yang dipahat dengan arsitektur unik yang masih berdiri di Madain Shaleh.

Pemerintah Arab Saudi sekarang ingin menghidupkan kembali Madain Shaleh sebagai destinasi wisata sejarah. Tentu saja rencana itu menuai pro dan kontra, sebab wilayah itu sangat dihindari oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Janganlah kalian memasuki daerah umat yang diazab itu kecuali sambil menangis. Jika kalian tidak bisa menangis, jangan memasuki daerah mereka. Jangan sampai adzab yang menimpa mereka, menimpa kalian." (HR Bukhari nomor 433)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini