Share

Cerdas Banget! Abu Nawas Bisa Bagi 5 Telur ke 3 Orang Tanpa Dipecah

Hantoro, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2023 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 14 614 2780989 cerdas-banget-abu-nawas-bisa-bagi-5-telur-ke-3-orang-tanpa-dipecah-Z9Nnl3FmtM.jpg Ilustrasi cerita Abu Nawas. (Foto: YouTube Aliksah Official)

ABU Nawas bisa bagi 5 telur ke 3 orang tanpa dipecah. Memang sosok ini memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ia juga bisa menyelesaikan masalah-masalah yang rumit hingga selalu memberi keputusan adil.

Kemampuan Abu Nawas ini pun membuat penasaran Baginda Raja. Suatu hari ia mengumpulkan semua menteri di istana dan menanyakan soal Abu Nawas.

Ilustrasi telur. (Foto: Shutterstock)

"Adakah di antara kalian yang paham dengan Abu Nawas?" tanya Raja mengawali pembicaraan, seperti dikutip dari kanal YouTube Tabassam Channel.

Mendengar pertanyaan Baginda Raja, seketika itu pula seluruh menteri yang hadir berdiri sambil menundukkan kepala pertanda bahwa mereka juga mendengar nama Abu Nawas.

"Apakah kalian tahu di mana Abu Nawas tinggal?" tanya Raja lagi.

Kemudian salah satu menteri maju dan mengungkapkan bahwa dirinya tahu di mana Abu Nawas tinggal. "Hamba tahu tempat tinggal Abu Nawas, wahai Paduka Yang Mulia," kata menteri tersebut.

Saat itu juga rasa penasaran Raja ingin mengetahui sosok Abu Nawas kian besar. Dia kemudian memerintahkan pengawal mempersiapkan kuda menuju rumah Abu Nawas. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Rombongan Raja berangkat dan membuat heboh para tetangga di sekitar rumah Abu Nawas. Sementara Abu Nawas sendiri masih terlihat santai di dalam rumahnya dengan handuk masih melilit karena mau mandi.

Tidak lama kemudian pengawal kerajaan beserta Raja datang. Abu Nawas langsung melilitkan handuk di kepalanya layaknya sorban.

Melihat penampilan Abu Nawas yang nyeleneh, membuat Raja tidak bisa menahan tawa. "Siapa kamu?" tanya Raja kepada Abu Nawas. 

Kemudian salah satu pengawal kerajaan berbisik kepada Raja bahwa orang itulah yang bernama Abu Nawas. Namun, Abu Nawas justru menjawab pertanyaan Raja dengan nyeleneh. "Saya ini adalah Dewa Bumi, Paduka Yang Mulia."

Mendapat jawaban itu, Raja tidak mau kalah cerdik. Kemudian meladeni dengan pertanyaan nyeleneh juga kepada Abu Nawas.

"Jika kamu memang Dewa Bumi, tolong besarkan bentuk mata para pengawalku yang sipit ini," pinta Raja. 

Abu Nawas yang cerdik juga tidak mau kalah. Dia kemudian langsung memberi jawaban yang membuat Raja kagum.

"Ampun Baginda Raja. Untuk membesarkan bentuk mata prajurit Baginda, itu adalah tugas Dewa Langit. Saya ini Dewa Bumi dan hanya bertugas bagian pusar ke bawah. Sedangkan pusar ke atas, itu tugas Dewa Langit," ngeles Abu Nawas.

Raja pun tertawa dengan jawaban itu dan mengundang Abu Nawas datang ke istananya. Begitu tiba di istana, Abu Nawas diajak masuk ke ruangan Raja yang di situ hanya ada mereka berdua.

Tidak lama kemudian, datang istri Raja atau permaisuri membawa 5 butir telur. Saat itu juga terlintas di pikiran raja untuk memberikan pertanyaan sulit kepada Abu Nawas. 

"Hai Abu Nawas, tolong bagi 5 butir telur ini kepada 3 orang (Abu Nawas, Raja, dan permaisurinya) secara adil, tapi tanpa dipecah," tantang Raja.

Tentu saja perintah itu membuat Abu Nawas harus berpikir keras. Namun karena dia sangat cerdas, perintah itu pun langsung dijalankan Abu Nawas.

"Satu telur untuk Baginda, karena Baginda Raja sudah memiliki dua telur. Kemudian satu telur untuk hamba, karena hamba juga sudah punya dua telur. Terakhir untuk permaisuri tiga telur, karena beliau sama sekali tidak punya telur," kata Abu Nawas

Sejenak Baginda Raja terdiam. Ia masih bingung dengan maksud Abu Nawas. Tidak lama kemudian Raja menyadari maksud ucapan Abu Nawas. Dia pun langsung tertawa terbahak-bahak bersama sang permaisuri.

"Kamu memang cerdas, Abu Nawas. Ini ada hadiah untukmu karena telah berhasil membuat kami terhibur," ujar Raja.

Sejak saat itu Abu Nawas selalu diundang Raja untuk menemaninya sekaligus memberikan pertanyaan sulit kepada Abu Nawas.

Allahu a'lam bissawab

1
4
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini