Share

Apakah Berkumur saat Wudhu Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 20 Maret 2023 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 20 330 2784097 apakah-berkumur-saat-wudhu-bisa-membatalkan-puasa-ramadhan-begini-penjelasannya-KrVQh17vKu.jpg Ilustrasi hukum berkumur saat wudhu ketika puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

APAKAH berkumur saat wudhu bisa membatalkan puasa Ramadhan? Begini penjelasannya. Mari disimak berdasarkan dalil-dalil yang menyertainya. 

Dalam Islam ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, salah satunya memasukkan benda ke tubuh, seperti makanan dan minuman. Kendati begitu, masih banyak Muslim yang bingung terkait berkumur yang termasuk salah satu urutan wudhu.

Wudhu. (Foto: Shutterstock)

Dilansir nu.or.id, dijelaskan bahwa berkumur dengan sungguh-sungguh (al-mubalaghah) adalah salah satu sunnah dalam wudhu. Namun, ini tidak disunnahkan bagi orang yang sedang menjalani ibadah puasa.

Bersungguh-sungguh artinya berkumur terlalu kencang atau terlalu banyak. Ini sebab adanya kekhawatiran akan membatalkan puasa.

أَمَّا الصَّائِمُ فَلَا تُسَنُّ لَهُ الْمُبَالَغَةُ بَلْ تُكْرَهُ لِخَوْفِ الْإِفْطَارِ كَمَا فِي الْمَجْمُوعِ

"Adapun orang yang berpuasa maka tidak disunnahkan untuk bersungguh-sungguh dalam berkumur karena khawatir membatalkan puasanya sebagaimana keterangan yang terdapat dalam kitab Al Majmu." (Zakariya al-Anshari, Asna al-Mathalib Syarh Raudl ath-Thalib, Bairut-Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, cetakan ke-1, 1422 H/2000 M, juz, 1, halaman 39) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Kesimpulan ini didasarkan hadits riwayat Imam Abu Basyar Ad-Dulabi, menurut Ibn al-Qathan dikategorikan hadits sahih.

إذَا تَوَضَّأْتَ فَأَبْلِغْ فِي الْمَضْمَضَةِ ، وَالِاسْتِنْشَاقِ مَا لَمْ تَكُنْ صَائِمًا

"Ketika kamu berwudhu maka bersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan menghirup air ke dalam hidung sepanjang kamu tidak berpuasa." (Lihat Jalaluddin as-Suyuthi, Jami’ al-Ahadits, Bairut-Dar al-Fikr, juz, 3, halaman 10)

Menurut Imam Syafii, arti dari bersungguh-sungguh dalam berkumur adalah memasukkan air ke dalam mulut kemudian menjalankannya di dalam mulut dan memuntahkannya. Ini sebagaimana keterangan dalam kitab Al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab. 

قَالَ الشَّافِعِيُّ اَلْمُبَالَغَةُ فِي الْمَضْمَضَةِ اَنْ يَأْخُذَ الْمَاءَ بِشَفَتَيْهِ فَيُدِيرُهُ فِي فَمِهِ ثُمَّ يَمُجُّهُ وَفِي الْاِسْتِنْشَاقِ اَنْ يَأْخُذَ الْمَاءَ بِاَنْفِهِ وَيَجْذِبُهُ بِنَفَسِهِ ثُمَّ يُنْثِرُ

"Imam Syafii berkata bahwa besungguh-sungguh dalam berkumur adalah mengambil air (dari tangan, pen) dengan kedua bibir kemudian menjalankannya (memutar-mutar) di dalam mulut lantas memuntahkannya. Sedang bersungguh-sungguh dalam menghirup air ke dalam hidung adalah mengambil air melalui hidung kemudian menghirupnya dengan nafas lantas mengeluarkannya." (Lihat Muhyidin Syarf an-Nawawi, al-Majmu` Syarh al-Muhadzdzab, Bairut-Dar al-Fikr, juz, 1, halaman 355)

Demikian jawaban dari pertanyaan: Apakah berkumur saat wudhu bisa membatalkan puasa Ramadhan? Begini penjelasannya. Wallahu a'lam bisshawab

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini