4 Amalan Menyambut Ramadan di Penghujung Bulan Sya'ban

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 25 616 2048046 4-amalan-menyambut-ramadan-di-penghujung-bulan-sya-ban-xiSe4tZL6o.jpg

RAMADAN sebentar lagi. Umat Islam terus mempersiapkan diri agar saat waktunya tiba, secara keseluruhan tubuh, pikiran dan hati Anda sudah siap.

Ada sebagian dari Anda menyambut Ramadan dengan membayar utang puasa tahun lalu. Tak sedikit juga menjalankan puasa di bulan Sya'ban agar tubuh tidak kaget saat menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh nanti.

Namun, dalam ajaran Islam, sejatinya amalan apa saja yang bisa dilakukan dalam menyambut dan mempersiapkan diri menuju Ramadan ini?

Dikutip Okezone dalam Buku Saku Sukses Ibadah Ramadhan, dijelaskan bahwa umat Islam disarankan untuk melakukan beberapa amalan sebelum akhirnya benar-benar merasakan Ramadan. Amalan apa saja itu?

Pengurus Pusat Lajnah Ta'lif Wan Nasyr (LTN PBNU) Ustadz Ma'ruf Khozin, coba menjelaskannya melalui sebuah hadist berikut ini:

وَلَمَّا كَانَ شَعْبَانُ كَالْمُقَدِّمَةِ لِرَمَضَانَ شُرِعَ فِيْهِ مَا يُشْرَعُ فِي رَمَضَانَ مِنَ الصِّيَامِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ

“Ketika Sya’ban seperti mukaddimah (pendahuluan) bagi Ramadan, maka disyariatkan di Sya’ban hal-hal yang disyariatkan di bulan Ramadan, seperti puasa dan baca al-Quran” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Selain itu, Ustadz Ma'ruf Khozin juga menyarankan untuk menyambut Ramadan dengan beribadah dan sedekah. Seperti yang diterangkan dalam hadist berikut ini:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ انْكَبُّوْا عَلَى اْلمصَاحِفِ فَقَرَؤُهَا وَأَخْرَجُوْا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ تَقْوِيَّةً لِلضَّعِيْفِ وَالْمِسْكِيْنِ عَلَى صِيَامِ رَمَضَانَ

Diriwayatkan dari Anas, beliau berkata “bahwa umat Islam ketika masuk bulan Sya’ban, maka senantiasa membaca al-Quran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Baca Juga : Hilal saat Matahari Terbenam pada 5 Mei Penentu Awal Ramadan 1440 H

Apa yang sudah dijelaskan itu dapat menjelaskan dengan gamblang pada kita jika umat Islam ketika memasuki bulan Sya’ban senantiasa membaca Alquran, serta mengeluarkan zakat kepada fakir miskin agar mereka mampu menghadapi puasa Ramadan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, karena saat ini sudah masuk minggu terakhir bulan Sya'ban, maka disarankan umat Islam selain mengerjakan amalan di atas, juga mengucapkan doa menyambut Ramadan. Hal ini seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, seperti yang dijelaskan dalam hadis dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali

“Jika bertemu dengan bulan Ramadhan Nabi صلى الله عليه وسلم berdoa :

اَللّٰهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْاِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْاِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَّلَةِ وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca al-Quran” (Al-Hafidz Ibnu Asakir, Tarikh Dimasyqa 51/186)"

Semoga umat Islam bisa menjalankan amalan ini dengan sebaik-baiknya agar Ramadan tahun ini bisa dilalui dalam lindungan Allah SWT. (FUL)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya