nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Solopos.com, Jurnalis · Minggu 28 April 2019 00:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 28 616 2048892 cara-mudah-menghilangkan-bau-mulut-saat-puasa-6vMzqKv1uM.jpg Ilustrasi Menghilangkan Bau Mulut (Foto: Mashable)

BAU mulut seringkali menjadi masalah yang menghantui bagi orang yang berpuasa, meski sejatinya dalam ajaran Islam bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik, sebagaimana hadits Nabi.

Beberapa orang memilih membiarkan begitu saja masalah bau mulut ini. Sisanya coba berikhtiar dengan cara menggunakan obat kumur serta deretan usaha lain.

Dokter spesialis konservasi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Irmaleny mengatakan obat kumur bermanfaat menghilangkan plak di gigi. Plak itu terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan. Jika dibiarkan, plak akan menumpuk dan menyebabkan munculnya karang gigi. Akibatnya, muncul bau mulut.

Obat kumur, menurut Irma, perlu digunakan saat Anda benar-benar membutuhkannya. Irma menyarankan cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan menyikat gigi secara rutin dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

"Saat puasa, disikat, di-floshing dengan benang gigi. Obat kumur boleh, tapi tidak boleh dipakai terus-terusan. Obat kumur untuk bersihkan plak," kata Irmaleny.

Irma menuturkan, penggunaan obat kumur yang terus menerus akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di mulut. Oleh karena itu, jika satu botol obat kumur sudah Anda pakai habis, tidak perlu membeli yang baru.

"Biasanya kalau habis satu botol, ya sudah. Di mulut, harus ada bakteri normal. Kalau pakai obat kumur, nanti hilang (bakteri baik). Sebaiknya, jangan berbotol-botol," ujarnya.

Sementara, dokter spesialis prostodontik dari Surabaya Sandy Aditya menambahkan solusi untuk menghindari bau mulut saat berpuasa yaitu dengan menghindari makanan berminyak, pedas dan mengandung bawang putih.

(ABD)

Berita Terkait

Bau Mulut

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini