nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semprotkan Cairan Anti Bau Mulut Bisa Batalkan Puasa

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 13 614 2055060 semprotkan-cairan-anti-bau-mulut-bisa-batalkan-puasa-t4O856PjqK.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Bau mulut di saat puasa memang sangat mengganggu aktivitas seseorang. Terkadang untuk menyiasati, orang bakal memilih spray penghilang bau mulut. Tapi bisakah itu membatalkan puasa?

Sebetulnya, bau mulut di saat puasa memang wajar dialami seseorang. Itu sebabnya karena kurang minum air putih yang menyebabkan mulut kering.

Tapi kalau baunya terlalu berlebihan bisa jadi akibat tanda dari suatu penyakit. Anda harus bisa membedakannya supaya tak berujung serius.

Dalam kondisi berpuasa, sayangnya ketika mengalami bau mulut dianggap mengganggu. Banyak cara dilakukan untuk menghilangkannya, termasuk menyemprot spray penghilang mau mulut.

Menurut Ustaz Fauzan Amin, menyemprotkan cairan ke dalam mulut di saat puasa, hukumnya makruh. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa membatalkan puasa.

 

"Ketika menyemprotkan cairan ke dalam mulut, apalagi rasanya manis hukumnya makruh atu bisa haram. Karena bisa membatalkan puasa jika cairan itu masuk ke tenggorokan," tuturnya saat dihubungi Okezone, Senin (13/5/2019).

 Baca Juga: Bolehkah Tidur di Masjid Siang Hari Setelah Salat?

Dia menambahkan, bau mulut orang puasa lebih harum menurut Allah, daripada minyak misik. Allah serta Rasul lebih menyukai dan tidak memperbolehkan seseorang untuk menghilangkannya.

Bahkan ada dalil yang menyebutkan:

لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151).

Karenanya, janganlah memakai cairan apapun untuk menghilangkan aroma tak sedap yang muncul di mulut tersebut. Hanya saja, di saat makan sahur Anda harus menghindari beberapa jenis makanan yang memicu bau mulut.

Solusinya adalah Anda bisa menghindari bau mulut dengan tidak mengonsumsi makanan berminyak, pedas dan mengandung bawang putih. Perbanyak pula asupan air putih sebanyak 2 liter dengan diatur waktunya saat sahur, buka puasa dan malam hari.

(tam)

Berita Terkait

Bau Mulut

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini