nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Bantu Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 616 2051879 6-tips-bantu-cegah-bau-mulut-saat-berpuasa-mvxjDvx1Yy.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Bulan Ramadan sudah tiba, umat Islam akan menjalani puasa selama 30 hari penuh. Puasa ini artinya kita akan menahan haus dan lapar dari fajar hingga petang. Dengan tidak makan dan minum selama puasa tersebut itu akan menyebabkan mulut menjadi kering.

Saat mulut kita kering, akan membuat bakteri-bakteri yang ada di mulut lebih cepat berkembang daripada saat mulut tidak kering. Bakteri-bakteri yang dihasilkan tersebut yang biasanya akan memicu mulut kita akan mengeluarkan bau yang tidak sedap saat sedang berpuasa.

Bau mulut yang ditimbulkan saat sedang berpuasa tersebut, pasti akan sangat mengganggu aktivitas kita ketika berkomunikasi dengan orang lain. Pakar kesehatan gigi dan mulut Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc memberikan enam tips ampuh agar mulut tidak mengeluarkan bau tidak sedap saat sedang berpuasa.

1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Sikat gigi yang sangat dianjurkan saat sedang berpuasa itu sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada saat setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari. Sikat gigi setelah sahur akan membantu membersihkan makanan yang tersisa dalam mulut kita sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga: Waktu Tidur Rasulullah di Malam Bulan Ramadan

 

2. Menyikat lidah

Selain menyikat gigi, kita juga harus membersihkan lidah juga dengan cara menyikatnya hingga bersih karena permukaan lidah merupakan sarang bakteri dari makanan yang kita makan saat sahur maupun berbuka puasa.

3. Pebanyak minum air putih

Kurangi minum minuman yang dapat memacu dehidrasi, seperti yang mengandung kafein tinggi serta memiliki kadar gula tinggi saat sahur maupu berbuka puasa. Dianjurkan mengganti minuman tersebut dengan memperbanyak minum air putih.

“Dengan kita minum minuman yang manis atau yang mengandung kadar kafein yang tinggi itu akan membuat kita semakin haus, dengan haus membuat mulut kita menjadi kering sehingga memacu bakteri mulut yang akan memacu bau mulut kita semakin tidak sedap” ujar dr Mirah saat ditemui oleh Okezone di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jum’at (26/4/2019).

Baca Juga: Tips Stok Sayur & Buah Agar Tetap Segar di Kulkas Selama Puasa

4. Konsumsi makanan yang merangsang air liur

Agar mulut tidak menjadi kering saat berpuasa, konsumsilah makanan yang akan memicu air liur di dalam mulut kita saat sahur. Makanlah makanan yang berserat seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Hindari makanan yang dapat merangsang rongga mulut kita, seperti makanan yang terlalu pedas atau terlalu asin.

 

5. Kurma

Konsumsilah kurma di malam hari di bulan puasa, selain itu dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kurma juga dapat merangsang air liur kita agar tidak kering. Kurma juga banyak mengandung kalsium dan flouride

6. Menyikat gigi dengan pasta gigi yang tepat

Pilih pasta gigi harus yang natural, mengandung daun sirih, garam dan jeruk nipis. Karena daun sirih dapat menghambat berkembangnya bakteri. Garam akan menjaga kadar keasaman pada mulut sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jeruk nipis juga dapat menyegarkan mulut.

(tam)

Berita Terkait

Bau Mulut

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini