Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Saat Puasa, Harus Bagaimana?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 29 April 2019 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 29 616 2049385 cek-kesehatan-gigi-mulut-sebelum-puasa-5MnwsR0zXz.jpg Bersihkan Karang Gigi (Foto: Pixabay)

Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim. Sebagian masyarakat muslim tentunya sudah menyiapkan berbagai keperluan selama 1 bulan puasa. Tak hanya stok makanan, tapi kamu juga harus periksa kesehatan mulut dan gigi kamu loh, untuk meminimalisir bau mulut selama bulan puasa.

Nah, upaya apa yang bisa dilakukan dalam hal medis sebelum benar-benar menyambut puasa di Ramadan ini?

Dokter Gigi Felice Kin Lie menyarankan, demi kesehatan mulut dan gigi, agar Anda yang akan berpuasa di Ramadan ini membersihkan karang gigi. Hal ini berkaitan dengan manfaat yang bakal dirasakan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Baca juga :

Dikabarkan Pacaran dengan Harry Styles, Intip 5 Potret Cantik Kiko Mizuhara

Pengawal Putin Juara Kontes Kecantikan, Seksinya Bukan Main!

"Saya sarankan untuk siapa pun yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk membersihkan karang giginya mulai dari sekarang. Sebab, dengan membersihkan karang, itu berarti Anda mengupayakan kesehatan gigi dan mulut secara maksimal," katanya saat diwawancarai Okezone beberapa hari yang lalu.

Dokter Felice melanjutkan, manfaat yang paling terasa dari membersihkan karang sebelum puasa adalah meminimalisir bau mulut. Ya, kita tahu bersama, kurangnya asupan air saat berpuasa membuat mulut dan gigi kering. Dengan begitu, aroma yang dihasilkan pun akan kurang sedap dan dengan banyaknya karang gigi, hal tersebut bisa memperburuk bau mulut.

Kita tahu bersama kalau karang gigi ini muncul karena sisa makanan yang terus menumpuk menjadi plak dan kemudian tak mampu lagi dibersihkan saat sikat gigi. Plak yang bersifat lengket ini, sambung Drg Felice, akan menarik bakteri dan karena itu mulut bisa lebih bau dan gigi akan rusak.

"Adanya karang gigi yang terus menumpuk akan mempercepat proses gigi berlubang. Jadi, semakin dibiarkan karang giginya, semakin cepat gigi Anda akan rusak. Maka dari itu, saya sangat sarankan, sebelum puasa Ramadan, masyarakat mau membersihkan karang giginya," ujarnya.

Lalu, menjadi pertanyaan berikutnya ialah bagaimana kalau Ramadan ini perawatan 6 bulan sekali Anda belum genap waktunya?

Menurut Dokter Felice, tidak masalah jika Anda baru 4 atau 5 bulan lalu membersihkan atau sekadar mengecek kondisi kesehatan gigi dan mau membersihkan ulang.

"Kalau memang belum jatuh tempo untuk cek kesehatan gigi, tidak masalah untuk tetap bersihkan gigi supaya hasilnya maksimal dan Anda bisa menjalani puasa Ramadan dengan kondisi kesehatan mulut dan gigi yang bagus," tambahnya.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini