Punya Kondisi Kesehatan Ini? Dokter Sarankan untuk Tidak Berpuasa Ramadan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 06 614 2051948 punya-kondisi-kesehatan-ini-dokter-sarankan-untuk-tidak-berpuasa-ramadan-lVjfPS66zH.jpg Penyakit yang tidak disarankan untuk puasa (Foto: Medicalcenter)

PUASA Ramadan hukumnya wajib bagi orang yang beriman. Namun, beberapa kondisi tertentu ada kelonggaran untuk kemudian Anda boleh tidak berpuasa dan tentunya mesti membayar hutang di bulan setelah Ramadan.

Misalnya saja dalam urusan kesehatan tubuh. Beberapa orang yang mengalami kondisi tertentu dianjurkan untuk tidak berpuasa di Ramadan. Hal ini berakitan dengan kesehatan tubuhnya.

Pada Okezone, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan kalau ada 11 kelompok pasien yang tidak disarankan puasa. Siapa saja mereka?

 BACA JUGA : Kisah Erwin Bocah Kelas 2 SD, Pergi Sekolah Sembari Jualan Bakso dan Siomai

Pertama ialah pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan di infus baik infus cairan mau pun makanan. Pasien yang sedang mendapat transfusi darah pun disarankan untuk tidak berpuasa. "Pemberian infus makanan dan darah membatalkan puasa," kata dokter Ari melalui pesan singkat, Senin (6/5/2019).

Kelompok lain yang tidak dianjurkan berpuasa ialah seseorang yang sedang dalam infeksi akut misal radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, pneumonia, infeksi saluran kencing dan infeksi lain yang menyebabkan demam tinggi.

 

Lalu, seseorang dengan migren atau vertigo di mana kondisi sakitnya akan bertambah buruk jika pasien tersebut tidak makan atau minum obat. Pasien dengan gangguan pernafasan akut seperti asma akut, penyakit paru obstruksi kronis yang berat pun tidak dianjurkan berpuasa.

Selain itu, pasien jantung dengan gagal jantung, pasien sakit maag yang sedang dalam keadaan akut misal muntah-muntah dan nyeri hebat sampai keluar keringat dingin, hingga pasien kanker yang sedang dalam pengobatan atau belum diobati pun tidak dianjurkan.

"Mereka yang mengalami gangguan kronis seperti liver kronis lanjut misal sirosis hepatis grade B atau C dan gagal ginjal kronis yang sedang menjalani cuci darah atau peritoneal dialisis juga disarankan untuk tidak berpuasa, karena bisa memperburuk kondisi kesehatan," ungkap dokter Ari.

Kelompok pasien kencing manis juga demikian. Ini karena, gula darahnya belum terkontrol atau kalau pun terkontrol tetapi dengan kebutuhan insulin masih tinggi lebih dari 40 U per hari, membuat pasien ini tidak disarankan berpuasa.

 BACA JUGA : Menu Sahur Paling Menggemaskan, Netizen Auto 'Ngiler'

Mereka para orangtua usia lanjut yang menderita pikun (Alzhaimer), pun menurut dokter Ari tidak dianjurkan berpuasa. "Di mana mereka ini sulit mengingat apakah sudah makan atau sudah minum," tambahnya.

Dia meneruskan, penting bagi pihak keluarga untuk tahu kondisi ini agar pasien tidak mengalami gangguan kesehatan yang lebih berat. Nah, Anda yang tidak tergolong dalam kelompok ini, sebaiknya harus menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya