Share

Gak Mau Tekor saat Ramadan, Ini Trik Hemat Bahan Pangan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 06 614 2052028 gak-mau-tekor-saat-ramadan-ini-trik-hemat-bahan-pangan-CHfCgAPSLr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu hal yang mendapat perhatian lebih saat Ramadan tiba ialah menu makanan apa yang bakal disajikan di waktu berbuka puasa atau sahur. Sebab, dua momen ini cukup penting di Ramadan dan tidak jarang menjadi masalah bagi sebagian ibu rumah tangga.

Ya, makanan yang itu-itu saja akan membuat suasana sahur atau berbuka menjadi tak seru. Alhasil bisa memengaruhi mood anggota keluarga yang berpuasa. Maka dari itu ibu mesti mutar otak memilah bahan makanan apa saja yang sekiranya bisa diolah jadi menu makanan yang bervariasi. Ini juga salah satu bagian dari penghematan di Ramadan.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menjelaskan pada Okezone, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ibu bisa menghemat bahan pangan di Ramadan 2019 yang baru saja di mulai ini. Apa saja trik cerdas versi YLKI?

Baca Juga: Bingung Mau Masak Apa untuk Buka Nanti, Nih 3 Rekomendasinya

frozen food memiliki kandungan gizi sama dengan makanan segar

Tulus menjelaskan, hal pertama yang mesti dilakukan ialah memastikan bahan pangan tersebut aman untuk dikonsumsi. Untuk makanan atau minuman kemasan harus ada ada izin edar Badan POM atau Dinkes, tanggal kadaluwarsa, bahkan ada label halalnya.

"Hal ini menjadi basic utama yang nggak bisa dilupakan. Lalu, cek kemasannya juga, jika sudah rusak atau penyok, jangan dipilih," katanya pada Okezone, Senin (6/5/2019).

Kemudian, Moms juga mesti memerhatikan bahan pangan tersebut tidak tercemar bahan berbahaya. Tinggalkan jika warnanya terlalu mencolok, seperti terlalu kuning, terlalu hijau, terlalu merah, atau pun baunya terlalu menyengat. Jangan kemudian karena harganya murah, Anda membelinya!

Baca Juga: Penampakan Tangan di Pundak Suami BCL saat Foto Bareng Nia Ramadhani Bikin Merinding
stok bahan pangan saat ramadhan

Tulus melanjutkan, jangan lupa juga untuk pastikan kalau bahan pangan tersebut tidak dikemas dengan bahan kemasan yang tidak sehat dan merusak lingkungan. Misalnya menggunakan sterofoam atau koran bekas, apalagi untuk makanan terbuka, panas, dan berlemak tinggi, misalnya gorengan.

"Jika pangan olahan dan pabrikan, pastikan tercantum nama dan alamat yang jelas dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini untuk memudahkan jika kita akan melakukan komplain," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dia menambahkan, berkonsumsilah secara wajar dan jangan berlebihan. Jangan sampai bahan pangan yang Anda konsumsi banyak menyisakan sampah makanan (food waste).

"Jangan kemudian bikin atau membeli menu makanan banyak karena lapar mata tapi kemudian tak termakan dan mubazir. Ini yang paling dikhawatirkan," pungkasnya.

So, menjadi ibu yang cerdas saat Ramadan ini tak melulu mempermasalahkan harga, tapi diutamanya kualitas makanan dan cara pegolahanya. Semakin Anda bijak dalam bersikap, maka pengeluaran di Ramadan ini tidak akan membludak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini