Ini Doa Niat Puasa Arafah!

Jum'at 09 Agustus 2019 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 614 2089819 ini-doa-niat-puasa-arafah-GrLOu8tU7q.jpg Puasa Arafah untuk mendapat pahala (Foto: Prokerala)

Puasa Arafah dilaksanakan pada Sabtu (10/8/2019). Puasa ini memiliki keutamaan yang luar biasa menjelang Idul Adha, termasuk mendapatkan pahala yang sangat banyak.

 Puasa

Puasa Arafah juga dapat menghapuskan dosa selama dua tahun dan dosa setahun yang akan datang.

Bagi umat Muslim yang mau melakukan puasa Arafah pada hari Sabtu besok, berikut doa niat puasa arafah:

نويتُ صومَ عرفة سُنّةً لله تعالى

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat melakukan puasa Arafah karena Allah ta’ala.

Seperti diketahui, puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni tanggal 9 Zulhijah. Puasa ini dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji seperti umat Muslim di Tanah Air.

Keutamaan puasa Arafah diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)

Para ulama berpendapat puasa Arafah memiliki banyak keistimewaan. Di antaranya Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa orang yang melaksanakan puasa Arafah, termasuk dosa tahun lalu. Orang yang berpuasa Arafah juga dijaga dari dosa yang akan datang.

Jadi, orang yang menjalankan puasa tersebut akan dijaga dari perbuatan dosa selama dua tahun. Selain itu, orang yang berpuasa Arafah juga terhindar dari siksa api neraka!

Selain puasa Arafah, umat Islam juga disunahkan berpuasa pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijah, termasuk di hari kedelapan yang disebut dengan Tarwiyah. Sejumlah ulama mengatakan, 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah adalah waktu yang istimewa, bahkan disebut lebih istimewa daripada 10 hari awal Ramadhan.

Oleh karena itu setiap muslim disarankan untuk berpuasa dan menambah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selamat berpuasa Arafah mulai besok Sabtu!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini