Jelang Idul Adha, Ini Doa Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah!

Kamis 08 Agustus 2019 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 08 614 2089576 jelang-idul-adha-ini-doa-niat-puasa-tarwiyah-dan-arafah-8gSmpy5fQp.jpg Puasa Tarwiyah (Foto: Medical News Today)

Hari Raya Idul Adha 1440 H akan jatuh pada 11 Agustus 2019. Untuk menyambutnya maka umat Muslim bisa melaksanakan puasa sunah Tarwiyah dan Arafah.

 puasa

Menurut hasil hisab hakiki wujudul hilal yang jadi pedoman Muhammadiyah, 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus 2019. Maka tanggal 8 Dzulhijjah atau pelaksanaan puasa Tarwiyah dapat dilakukan pada Jumat, 9 Agustus 2019.

Sementara Puasa Arafah dapat dilakukan pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Umat Muslim hendaknya bersiap-siap pada malam ini untuk menyiapkan diri puasa Tarwiyah.

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah yakni 8 Dzulhijjah, hari sebelum hari wukuf. Keutamaan puasa ini diriwayatkan oleh Abusy Syaikh dan Ibnu An Najjar dari Ibnu ‘Abbas namun hadist ini masih dikatakan dho'if (lemah), Rasulullah SAW bersabda:

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين (أبو الشيخ ، وابن النجار عن ابن عباس)

“Puasa pada hari tarwiyah (8 Zulhijah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Zulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun.”

Niat puasa Tarwiyah sebagai berikut:

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya berniat melakukan puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta’ala.

Bagi umat Muslim yang menjalankan puasa Tarwiyah, dosanya satu tahun yang lalu akan terhapuskan.

"Anda puasa sehari, dosa setahun gugur. Setahun Pak! Yang hari ini saja belum tentu diampuni, nah ini setahun diampuni. Masya Allah," kata Ustadz Adi Hidayar, Lc dalam sebuah video.

Lalu bagaimana niat puasa Arafah?

Niat puasa arafah sebagai berikut:

نويتُ صومَ عرفة سُنّةً لله تعالى

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat melakukan puasa Arafah karena Allah ta’ala.

Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni tanggal 9 Zulhijah. Puasa ini dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji seperti umat Muslim di Tanah Air.

Keutamaan puasa Arafah ini seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini