nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Warisan Peninggalan Nabi Muhammad SAW yang Terkenal

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 14:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 08 614 2053073 5-warisan-peninggalan-nabi-muhammad-saw-yang-terkenal-ohu3jzNo8b.jpg Rambut Nabi Muhammad SAW (Foto: Topkapisarayi)

Baginda Nabi Muhammad SAW adalah sosok mulia yang begitu dirindukan oleh semua umat Muslim di dunia. Kisah akan perjuangan Rasulullah semasa hidupnya mensyiarkan agama Islam, tentunya sudah sering kita dengar semenjak kecil saat baru belajar tentang agama Islam.

Walaupun telah wafat berabad-abad lalu namun jejak peninggalan Nabi Muhammad masih bisa dilihat oleh kita. Bagaimana Rasulullah semasa hidupnya ini kurang lebih bisa kita lihat melalui beberapa benda-benda peninggalannya. Benda-benda pusaka warisan peninggalan Rasulullah ini disebutkan sekarang berada di berbagai museum, mulai dari Museum Topkapy di Istanbul Turki, Yordania, Irak dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

Apa saja benda-benda pusaka peninggalan Nabi Muhammad SAW? Menghimpun berbagai sumber, Rabu (8/5/2019) berikut ulasan singkat beberapa warisan peninggalan Nabi Muhammad SAW yang terkenal:

1. Jubah gamis

 

Pertama ada busana yang dikenakan oleh Rasulullah, yakni sebuah jubah atau gamis panjang yang kini telah begitu usang bentuk wujudnya, disimpan di dalam Museum Topkapi, Turki. Berwarna kekuningan pucat dan sudah terurai benangnya karena robek di banyak bagian, kita masih tetap bisa merasa dekat dengan beliau.

 Baca Juga: Nagita Slavina Tampil Berhijab, Auranya Kalem Banget

2. Helai rambut dan patahan gigi

 

Helai rambut inilah salah satu peninggalan Rasulullah SAW yang tersimpan di dalam Museum Topkapi, helai rambut ini tepatnya adalah helai janggut Rasulullah. Tidak hanya helai rambut, di sini juga tersimpan rapi salah satu patahan gigi Nabi Muhammad SAW, yang disebutkan didapat ketika Perang Ubud pada 19 Maret 625.

3. Surat-surat

 

Semasa hidupnya, Nabi cukup sering menuliskan surat, mulai dari surat yang ditujukan kepada para Raja hingga surat yang beliau tulis untuk rakyat. Contohnya selembar surat dari Rasulullah untuk Najashi, sang Raja Habsa, lalu ada juga surat Nabi yang ia berikan kepada Kaisar Romawi kala itu yang mana bahkan lengkap dengan stempel khusus dari Nabi. Ada pula surat untuk Raja Heraklius di Romawi, surat Nabi untuk Raja Maqauqas, Mesir, hingga surat yang diperuntukkan oleh Nabi kepada rakyat Oman.

 Baca Juga: Heboh Salat Tarawih Kilat, Netizen: Imamnya Belum Buka Puasa

4. Sandal

 

Benda pusaka peninggalan Nabi lainnya adalah salah satu benda sederhana yang dikenakan oleh Rasulullah sehari-hari. Yakni sebuah sandal, atau juga bisa disebut dengan sebutan ‘Terompah’. Wujud sandal datar warna hitam kecoklatan yang dilengkapi dengan tali-tali pengikatnya.

5. Alquran

 

Quran Mushaf Utsman, kumpulan wahyu yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW dan disebutkan ditulis oleh Zaid bin Tsabit. Di mana Alquran dan hadis inilah yang bisa dibilang menjadi peninggalan Rasulullah yang paling berharga, menjadi pedoman dan tuntunan hidup semua umat Muslim di dunia yang tak lekang oleh waktu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini