nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menikmati Menu Buka Puasa Kekinian Sambil Menyaksikan Lawang Sewu

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 08 614 2053162 menikmati-menu-buka-puasa-kekinian-sambil-menyaksikan-lawang-sewu-L5XU0UoVM1.jpg Menu buka puasa salted egg chicken (Foto: Taufik Budi/Okezone)

Buka puasa menjadi waktu yang paling dinantikan setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Menu buka puasa kekinian di Kota Semarang, Jawa Tengah bisa menjadi pilihan, karena tak hanya menawarkan kelezatan tetapi juga cantiknya penampilan.

Menyaksikan menu buka puasa yang kekinian tentu sudah terbayang betapa lezatnya untuk disantap ketika azan Maghrib berkumandang. Kuliner kekinian di sebuah restoran di Semarang ini bernama Salted Egg Chicken, atau daging ayam berlalut telur asin.

Bahan-bahan dibutuhkan antara lain daging ayam, tepung, kuning telur asin, sayuran berupa jamur, kacang panjang dan putren, serta mentimun. Sementara bumbunya adalah bawang putih, bawang merah, cabai, jeruk nipis, serta margarin.

Cara pembuatannya cukup mudah yakni balurkan tepung ke daging ayam secara merata dan goreng hingga kering. Setelah itu tumis bumbu hingga harum dan masukkan kuning telur asin. Masukkan pula daging ayam tepung tadi selama sekira dua menit.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Haus saat Puasa

Jangan lupa sayur-sayuran direbus hingga matang. Dan kini tiba saatnya untuk plating. Pertama siapkan nasi yang dicetak memanjang dan taburi dengan wijen hitam. Tata berbagai sayuran agar terlihat cantik. Baru kemudian taruh daging ayam berbalut telur asin.

Makanan itu akan terasa lebih nikmat, karena pengunjung sambil menyaksikan indahnya bangunan tua Lawang Sewu yang berada di samping restoran. Lokasi ini pun cocok menjadi tempat ngabuburit, karena lampu-lampu di Lawang Sewu akan menyala hingga menambah eksotisme menjelang malam.

“Makanan ini tak hanya cantik penampilannya tetapi juga memiliki makna filosofi. Nasi putih ditaburi wijen hitam ini, ibarat kita awalnya suci kemudian terdapat noda-noda dosa,” ujar chef Fajar Setiyono, Rabu (8/5/2019).

Baca Juga: Awas, Kalap Makan saat Buka Puasa Bisa Bikin Gemuk!

“Karena itulah kita buat nasinya memanjang dengan harapan doa kita bisa panjang. Kita tidak pernah berhenti berdoa untuk memohon ampunan sekaligus meminta yang terbaik untuk hidup di dunia dan akhirat,” tambahnya.

Pengelola Resto Verve Semarang, Jogrez, menyampaikan, sengaja menghadirkan menu kekinian untuk dinikmati pengunjung agar bisa meberi pengalaman tersendiri. Menu makanan tak hanya ditata apik dan berasa lezat tetapi pengunjung juga sembari menyaksikan indahnya Lawang Sewu.

“Kita memang menyiapkan menu kekinian ini sebagai menu buka puasa Ramadan. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau yakni Rp55 ribu rupiah per porsi sudah termasuk minuman dan takjil untuk berbuka puasa,” sebutnya.

(tam)

Berita Terkait

Serba-serbi Muslim

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini