Jomblo Jangan Bersedih, Ini Janji Allah SWT

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 10 616 2054207 jomblo-jangan-bersedih-ini-janji-allah-swt-EJ2AUVLXIK.jpg

JOMBLO adalah istilah yang dipakai untuk menyebut orang yang tidak mempunyai pasangan. Namun jangan khawatir, Allah SWT menciptakan semuanya berpasang-pasangan. Jadi dapat dipastikan semua makhluk akan menemukan jodohnya, tinggal masalah waktu dan tentu saja diperlukan ikhtiar.

Hal tersebut dapat kita lihat pada QS. Yasin (36) : 36 yang artinya “Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang – pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui”

Ridwan Abdullah Sani dalam bukunya yang berjudul Sains Berbasis Al Quran (edisi Kedua) menjelaskan, dari ayat di atas sebenarnya sudah jelas, sebenarnya tidak ada istilah jomblo. Mungkin Allah terlalu sayang dengan hambanya, karena pacaran merupakan hal yang dosa dalam Islam, jadi Allah tidak mau hambanya terjerumus. Pada kutipan dalil di atas Allah menyatakan bahwa setiap ciptaannya mempunyai pasangan. Ada malam ada siang, ada gelap juga terang.

Begitu juga manusia, Allah ciptakan manusia secara berpasang-pasangan agar mereka berkembang biak. Dalam QS. Asy – Syura yang artinya “(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasang-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikannya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada seuatu pun yang serupa dengan dia. Dan dia yang maha Mendengar, Maha melihat. (QS. Asy – Syura (42) : 11)

Rasulullah memberi wasiat kepada anak muda yang jomblo agar menjalankan diantara dua perkara. Pertama, jika seseorang sudah cukup hartanya, maka segeralah menikah, jika belum sanggup untuk menikah, maka dianjurkan oleh Rasulullah berpuasa.

Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim bahwa “Ketika itu kami (sahabat) sedang berada bersama Nabi SAW, kami masih muda dan berstatus bujang serta tidak memiliki apa-apa berupa harta, lalu rasulullah SAW berkata kepada kami, “Wahai sekalian pemuda, barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena sesungguhnya menikah lebih bisa menundukkan pandangan dan lebih mudah menjaga kemaluannya. Namun barangsiapa yang belum mampu menikah, maka hendaklah dia berpuasa, sebab sesungguhnya puasa itu adalah penekan syahwatnya.”

Seseorang yang jomblo artinya menahan nafsunya untuk tidak berpacaran. Allah dalam firmannya menjanjikan semua ciptaannya berpasang-pasangan, laki - laki yang baik, untuk perempuan yang baik. Yang perlu diingat adalah, Jodoh, kematian, dan Rezeki semua sudah diatur oleh Allah SWT. Allah berfirman dalam (QS. An Nur : 26) yang artinya “Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya