Mau Cepat Dapat Jodoh? Yuk Baca 5 Doa Terbaik Ini

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 618 2513506 mau-cepat-dapat-jodoh-yuk-baca-5-doa-terbaik-ini-fZLZ5cCDl6.jpg Ilustrasi doa cepat dapat jodoh. (Foto: Shutterstock)

JODOH atau pendamping hidup adalah hal yang diidam-idamkan setiap orang. Bagi kaum Muslimin tentunya mengharapkan jodoh yang salih serta taat menjalankan semua perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Nah, supaya cepat mendapat jodoh, kaum Muslimin bisa membaca beberapa doa. Apa saja doa tersebut? Berikut 5 di antaranya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: 5 Doa Terbaik untuk Pengantin Baru, Lengkap Bacaan Latin Beserta Artinya 

1. Surat Al Anbiya

Doa minta cepat dapat jodoh ada pada penggalan Surah Al Anbiya Ayat 89 yang berbunyi:

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta Khairul waaritsiin

Artinya: "Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik." (QS Al Anbiya: 89)

Doa ini diangkat dari kisah Nabi Zakaria Alaihissallam yang mengalami cobaan, yakni belum memiliki keturunan setelah puluhan tahun menjalani rumah tangga bersama Ilyasya binti Faqud bin Qabil.

Pasalnya, Ilyasya sudah sangat renta dan divonis mandul. Tidak putus asa, pasangan ini selalu berdoa dan beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala secara istikamah.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Santri-Santri Doakan Kebaikan untuk Para Korban 

Hingga akhirnya Allah Subhanahu wa ta'ala pun mengabulkan permohonan keduanya. Melalui rahim Ilyasya, lahirlah seorang anak yang diberi nama Yahya. Padahal saat mengandung Nabi Yahya Alaihissallam, Ilyasya berusia 98 tahun dan Nabi Zakaria berumur 120 tahun.

Meski begitu, sebagian besar ulama mengatakan bahwa doa ini juga bisa digunakan sebagai doa minta jodoh bagi orang yang belum diberikan pasangan hidup. Bacalah doa ini sebelum tidur secara konsisten, niscaya Allah Subhanahu wa ta'ala segera mempertemukan kamu dengan jodoh yang tepat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Surah Al Furqan

Doa minta cepat dapat jodoh ada juga pada penggalan Surah Al Furqan Ayat 74 yang berbunyi:

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati." (QS Al Furqan: 74)

Penggalan ayat tersebut tidak hanya dapat digunakan ketika meminta untuk diringankan jodoh. Keutamaan lain dari surah ini adalah meminta keturunan yang baik, mendoakan orangtuanya ketika sudah meninggal dunia.

Baca juga: Kisah Cerdas Abu Nawas Minta Jodoh: Aku Hanya Minta Gadis Cantik sebagai Menantu Ibuku 

3. Surah Al Qashash

Doa cepat dapat jodoh juga ada pada penggalan Surah Al Qashash Ayat 24 yang berbunyi:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Rabbi innii ilmaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS Al Qashash: 24)

Selain untuk mendapatkan kebaikan, ayat ini juga dapat dibacakan sebagai doa minta jodoh. Sebab, kebaikan yang dimaksud dalam ayat ini bersifat luas. Sehingga, bisa diartikan bahwa kebaikan tersebut berupa pasangan yang salih atau salihah.

Baca juga: Buka Puasa Senin Kamis, Disunahkan Baca 2 Doa Ini 

4. Doa minta jodoh untuk laki-laki

Selain itu, ada juga doa agar segera dipertemukan dengan jodoh yang tepat. Bagi laki-laki, inilah doa minta jodoh agar bisa mendapat istri terbaik sebagai pendamping hidup:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatah thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya: "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dan sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat."

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Baca Doa Ini agar Selamat dari Bencana Alam 

5. Doa minta jodoh untuk perempuan

Sementara untuk perempuan, berikut ini doa minta jodoh yang bisa panjatkan agar segera dipertemukan dengan laki-laki salih dan bisa menjadi imam terbaik dalam rumah tanggamu kelak.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal aakhiroh

Artinya: "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 6 Keistimewaan Doa pada Jumat Sore, Pasti Dikabulkan Allah Ta'ala 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya