Share

4 Tanda dari Allah Ta'ala bahwa Seseorang adalah Jodohmu

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 616 2526472 4-tanda-dari-allah-ta-ala-bahwa-seseorang-adalah-jodohmu-cS2jMHB7hr.jpg Ilustrasi tanda-tanda jodoh dari Allah Ta'ala. (Foto: Shutterstock)

JODOH seseorang selalu menjadi rahasia Allah Subhanahu wa ta'ala. Segala macam doa hingga amalan-amalan untuk segera dipertemukan dengan jodoh pun selalu dilakukan. Selain itu, terdapat juga tanda-tanda dari Allah Ta'ala yang bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang adalah jodohmu.

Petunjuk jodoh ini selalu menjadi perhatian. Beberapa orang selalu menerka-nerka jika bertemu dengan seseorang dan bertanya dalam hati, apakah ini jodoh dari Allah Subhanahu wa ta'ala?

Ternyata petunjuk perihal jodoh ini telah tertulis di dalam ayat-ayat suci Alquran, yaitu di antaranya:

Baca juga: Siasat Unik Abu Nawas Lolos saat Akan Dimasak Jadi Bubur: Kubawakan Teman Bertubuh Gemuk 

1. Sifat yang sama (Surah An-Nur Ayat 28)

فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فِيهَا أَحَدًا فَلَا تَدْخُلُوهَا حَتَّىٰ يُؤْذَنَ لَكُمْ ۖ وَإِنْ قِيلَ لَكُمُ ارْجِعُوا فَارْجِعُوا ۖ هُوَ أَزْكَىٰ لَكُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Artinya: "Jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: 'Kembali (saja)lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan'."

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 3 Januari 2022M/29 Jumadil Awal 1443H 

2. Merasa tenteram (Surah Ar-Rum Ayat 21)

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Diterma keluarga (Surah Asy-Syura Ayat 11)

فَاطِرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَمِنَ الْأَنْعَامِ أَزْوَاجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: "(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat."

Baca juga: Jadi Mualaf, Anak Band Hardcore Ini Tinggalkan Alkohol hingga Zina 

4. Memahami kita (Surah Al-Furqan Ayat 74)

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: "Dan orang orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

"Ayat ini berkaitan dengan cara hidup sakinah, mawadah, warahmah," jelas Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Unik Abu Nawas Sembuhkan Penyakit Temannya: Ayo Semua Kumpul Makan Malam di Sini 

Ia menambahkan, dalam rumah tangga pasti selalu ada masalah, baik disengaja atau tidak. Oleh karena itu, ada doa untuk menghindari konflik yang selalu terjadi pada pasangan suami istri sehingga menjadi keluarga sakinah, yaitu:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: "Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al-Furqon: 74)

Baca juga: Abu Nawas Tunjuk Titik Tengah Bumi tapi Raja Tidak Percaya: Ukur Saja Sendiri 

"Intinya ikuti cara Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, ikuti petunjuk Alquran. Hidup akan tenang. Dalam keluarga, masalah pasti ada. Itu sunnatullah. Makanya dianjurkan baca doa tersebut. Setidaknya bisa mengurangi dampak buruk dari masalah yang dihadapi," tuntasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini