5 Doa Terbaik untuk Pengantin Baru, Lengkap Bacaan Latin Beserta Artinya

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 618 2513432 5-doa-terbaik-untuk-pengantin-baru-lengkap-bacaan-latin-beserta-artinya-3sqfBF2HOU.jpg Ilustrasi doa untuk pengantin baru. (Foto: Shutterstock)

MENIKAH adalah salah satu amal salih yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Dengan menjadi pengantin baru akan menjalin silaturahmi lebih banyak serta bisa meraih keturunan.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan pengantin baru. Salah satunya membaca doa-doa. Tujuannya agar senantiasa diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah.

Ada beberapa doa yang kerap dipanjatkan untuk pengantin baru. Berikut lima di antaranya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Santri-Santri Doakan Kebaikan untuk Para Korban 

1. Doa untuk pengantin

Doa untuk pengantin saat akad nikah disertai resepsi hendaknya dipanjatkan oleh orang-orang yang menghadirinya, termasuk orangtua, anggota keluarga, kerabat juga para sahabat.

Dikutip dari laman NU Online, berikut doa yang bisa diucapkan untuk pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan akad nikah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Barakallahu laka wa jama’a bainakuma fî khairin. Barakallahu likulli wahidin minkuma fî shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin

Artinya: "Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

Baca juga: Kisah Cerdas Abu Nawas Minta Jodoh: Aku Hanya Minta Gadis Cantik sebagai Menantu Ibuku

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Doa suami kepada istri setelah menikah

Setelah sah menjadi pasangan suami dan istri, mempelai pria sangat disarankan memegang ubun-ubun istrinya sambil membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya."

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Baca Doa Ini agar Selamat dari Bencana Alam 

3. Doa sebelum berhubungan intim

Sebelum berhubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu dalam Hadis Riwayat Imam Bukhari Nomor 6388 dan Imam Muslim Nomor 1434. Doa tersebut adalah:

بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa

Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."

Baca juga: Hukum Doa dengan Bahasa Indonesia ketika Sholat, Bolehkah? 

4. Doa setelah berhubungan intim

Usai berhubungan intim, pasangan suami istri dianjurkan mengucap Hamdallah. Doa setelah berhubungan suami istri ini ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah memberi kenikmatan ketika berhubungan intim.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Alhamdulillaahidzdzii khalaqa minal maa i basyaraa

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)."

Baca juga: 6 Keistimewaan Doa pada Jumat Sore, Pasti Dikabulkan Allah Ta'ala 

5. Doa agar diberi keturunan yang baik

Selain doa sebelum dan sesudah berhubungan intim, ada juga doa yang dianjurkan agar segera dianugerahi keturunan yang baik oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Doa ini harus dibaca dengan penuh keyakinan dan keikhlasan oleh pasangan suami istri.

Doa tersebut terdapat dalam penggalan Surah As-Saffat Ayat 100 yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hablii minash shoolihiin

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang salih."

Baca juga: 2 Doa Buka Puasa Senin Kamis Beserta Artinya, Muslimin Wajib Hafal 

Selain itu, pasangan pengantin yang mendambakan keturunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala juga dianjurkan membaca doa seperti yang disebutkan dalam Surah Ali Imran Ayat 38:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Hunalika da'a zakariyya rabbah, qala rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan tayyibah, innaka sami'ud-du'a

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Supaya Diberi Anak Salih/Salihah 

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya