nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Alhamdulillah, Ucapkan Doa Ini saat Dapat Traktiran Buka Puasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 10 618 2054067 selain-alhamdulillah-ucapkan-doa-ini-saat-dapat-traktiran-buka-puasa-9NZL8n37HD.jpg Selain alhamdulilah jangan lupa baca setelah dapat traktiran buka puasa (Foto : Pinterest)

Di bulan puasa Ramadan ini, setiap orang akan mengejar pahala sebanyak-banyaknya. Sebab, umat Islam percaya kebaikan yang dilakukan di Ramadan, akan mendapat balasan yang lebih banyak dari Allah SWT.

Bicara mengenai Ramadan, maka ritual yang biasanya dilakukan adalah buka bersama dengan teman-teman. Selain ajang silaturahmi, buka puasa bareng juga dijadikan sebagai ajang temu kangen teman lama yang sudah tidak pernah bertemu. Tak jarang, buka puasa bersama ini dijadikan sebagai ajang berbagi kebahagiaan, misalnya memberikan buka puasa gratis kepada teman.

Jika Anda baru saja mendapatkannya, selain Alhamdulillah, ternyata ada doa lain yang bisa Anda berikan kepada teman Anda yang baik hati itu. Seperti yang dijelaskan Ustadz Fauzan Amin, jika Anda baru saja mendapatkan rezeki berupa buka puasa gratis, tidak ada salahnya untuk mengucapkan beberapa doa untuknya.

"Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain, Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk mendoakan mereka yang berbuat baik kepada kita. Dan Rasulullah selalu mengapresiasi sikap baik orang lain dengan cara mendoakan dan membalas dengan kebaikan pula," terangnya pada Okezone melalui pesan singkat.

Buka Puasa

Nah, inilah doa-doa Rasulullah bagi orang yang telah berbuat baik kepada beliau dan bisa Anda jadikan sebagai balasan atas kebaikan yang baru saja Anda dapatkan dari teman Anda

1. Mendoakan ganjaran baginya:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Artinya, “Semoga Allah membalasmu dengan ganjaran yang baik.”

2. Nabi Mendoakan keberkahan:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Artinya, “Semoga Allah memberkahimu pada keluarga dan juga hartamu.”

3. Mendoakan agar menjadi anak yang pintar (bagi anak kecil)

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ " زاد البخاري " فَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ”

Artinya, “Tuhanku, bukalah pemahaman pengetahuan untuknya.” riwayat Imam Al-Bukhari menambahkan, “Tuhanku, bukalah pemahaman pengetahuan agama untuknya.”

Jadi, jangan hanya menikmati hidangan buka puasa traktiran dari temanmu ya. Jangan lupa membaca doa-doa tersebut saat mendapat traktiran buka puasa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini