Mengintip Keindahan Hamidiye Camii, Masjid Bernuansa Alam di Istanbul Turki

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 12 615 2054712 mengintip-keindahan-hamidiye-camii-masjid-bernuansa-alam-di-istanbul-turki-UQPtzbSVlm.png Masjid Hamidiye Camii Turki (Foto: Twitter)

SEBUAH masjid di kota Istanbul, Turki, mendadak viral di media sosial berkat desain interiornya yang sangat unik. Masjid itu diketahui bernama Hamidiye Camii.

Menilik unggahan foto dari akun Twitter @syazleenfirza, desain interior masjid Hamidiye Camii mengusung nuansa alam yang didominasi warna hijau dan biru muda. Tepat di bagian kiblatnya, terdapat sebuah lukisan air terjun yang sekilas mirip seperti bentuk aslinya.

Pemandangan tersebut semakin terlihat cantik dengan tambahan beberapa lukisan pepohonan dan langit biru yang menghiasi seluruh ruangan.

Tidak hanya itu, seluruh sajadah yang ada di dalam masjid ini sengaja dibentuk menyerupai padang rumput hijau nan asri. Tak heran bila para jamaah betah berlama-lama di dalam masjid tersebut, mengingat suasananya yang sangat menenangkan dan indah.

Berdasarkan hasil penelurusan Okezone dari berbagai sumber, Minggu (12/5/2019), masjid ini dibangun pada tahun 1910 oleh Amir Al Mu'minin Sultan Abdulhamid II Khan, dengan nama Hamamiye Camii.

Untuk desain interiornya sendiri, sang pendiri diketahui terinspirasi dari surat Al Baqarah ayat 22 yang berbunyi, "Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui."

Keindahan Masjid Hamidiye Camii juga diakui oleh salah satu situs rekomendasi wisata, TripAdvisor. Ada banyak ulasan positif yang dituliskan para wisatawan setelah menyambangi masjid tersebut.

Seperti yang dituliskan oleh akun Tanwani, Ia mengaku terkesima melihat desain arsitektir masjid Hamidiye Camii baik dari luar maupun dari dalam ruangan.

"Arsitektur sungguh luar biasa indah. Sangat saya rekomendasikan bagi Anda yang ingin beribadah sekaligus menghabiskan sedikit waktu untuk beristirahat," tulisnya.

Akses untuk menuju masjid Hamidiye Camii pun terbilang mudah. Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum dan berjalan beberapa menit untuk mencapai masjid tersebut.

Menariknya, setelah foto-foto masjid ini viral di media sosial, tak sedikit netizen yang mengaku terkesima dan memasukkan masjid Hamidiye Camii ke dalam bucket list mereka.

"MasyaAllah adem banget, mau ke sini," tulis akun @gilang_jatnika

"Betah banget aku di sini lama-lama," tulis akun @wulannrbs

"Allahuakbar. Suasana salat menyaty dengan alam dan pesannya sampai, bahwa Allah menciptakan alam dan isinya sangat luar biasa dan saling mengimbangi. Tenang, nyaman, dan pastinga khusyuk salat dan doanya," tulis akun @rivaldymelody14

Tapi ada juga netizen yang gagal fokus, dan mengklaim bahwa jika masjid Hamidiye Camii ada di Indonesia, justru akan dijadikan lokasi untuk berburu foto instagramable.

"Ini kalau di Indonesia pasti sudah ramai buat foto-foto instagram nih," tulis akun @Elaaakk  

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya